Jalan-jalan ke Candi Sambisari Yogyakarta




Liburan ke yogya belum sah, kalau belum main ke candi-cndi kuno yang ada disana. bangunn tempat beribadah pada jaman dahulu ini begitu menarik untuk dikunjungi. Nah di Yogya ini banyak tempatnya. Ada Borobudur, bangunan paling megah dan paling terkenal, bahkan sempat masuk keajaiban dunia. Ada pula Candi Prambanan, candi yang terkenal berkat cerita rakyat Roro Jongrang, Candi Sewu, Candi Plaosan, Candi Ratu Boko, Candi Sambisari dan candi-candi lainnya.

Nah But this time, gue jalan-jalan ke Candi Sambisari, sebuah situs yang ternyata baru ditemukan secara tidak sengaja oleh petani itu, langsung ditindak lanjuti oleh pemerintahan Yogyakarta dengan memulai proses rekonstruksi dan pemugaran yang selesai pada tahun 1987. 
Ini Mungkin batu-batu yang sudah nggak bisa disusun lagi, seperti puing-puing hatiku yang rapuh setelah luruh oleh pengkhianatanmu #ehh curhat

yang unik dari candi ini adalah letak candinya yang berada 6,5 meter dibawah permukaan ini, yang pasti akan membuat orang yang pertama kali kesana kan bertanya-tanya dimanakah candiitu berada?? karena kalau dari luar kompleks nggak kelihatan sama sekali, walaupun pucuk candinya. yang kelihatan diawal hanyalah beberapa puing yang dijemur dibagian kiri kompleks. Tapi begitu masuk dengan tiket RP 5000, dijamin deh nggak akan nyesel. Candinya keren banget, udah gitu kompleks candi Sambisari ini adem banget, rumput-rumputnya pengen bikin gita glosoran sambil dikipasin angin sepoi-sepoi. Cocok banget untuk piknik keluarga atau gathering kecil-kecilan sama teman-teman komunitas.

Musala untuk shalat
Selain bisa piknik di rerumputan, di sediain juga nih beberapa gazebo, kalau yang takut digigit semut atau alergi sama rumput. Musala juga sudah ada kok, jadi nggak usah takut melewatkan kewajiban bagi yang muslim. 


Senjangya keren ya disini
Ini pertama kalinya gue pergi ke candi, dan langsung mengagumi keindahan bangunan pada jaman dahulu ini, woww amazing. Masya Allah banget pokoknya, membayangkan dulu bagaimana ya proses pembangunannya? apa bener candi-candi dulu di bangun oleh jin dan kroni-kroninya?? kalaupun oleh manusia, pasti orag jaman dulu beneran besar-besar ukurannya. Dan terlebih gue salut banget sama arkeolog yang memugar dan merekonstruksi ulang Candi Sambisari ini, goodjob buat kalian. Entah gimana caranya, apa mereka menggalingya dengan kuas? Sehingga candinya masih kelihatan tetap utuh(walau ada beberapa juga yang sudah nggak bisa diselamatkan. 

Tempatnya juga nih instagramable banget buat yang suka foto-foto, di dalam candinya bau dupa gitu. mungkin masih digunakan untuk beribadah juga ya tempat ini. Kalau yang suka nonton film india pasti tau deh bagian tempat sesembahan yang biasa buat disiramin susu itu. namanya Yoni dan Lingga, jadi Yoni ini tempat atau wadah sebagai penampung gitu, sedangkan Lingga itu semacam batu yang menjulang ditengahnya seperti gambar dibawah ini.




Ini dia Tiga patung atau relief yang ada di tiga sisi bangunan utama


Sudah lapar ya nak??
Lomba Minum mereka











Comments

  1. Wihh abang jalan-jalan mulu, ajak-ajak donk bang Wijay hehehe, jadi pengen ke jogja lagi. Bang Jay nanti gantian lah bertamu lah ke gubuk maya ku hehe di www.kangsanikradu.blogspot.com , kalo abang ada waktu luang hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kang sanikk apa karebaaa.... Siap-siap meluncur ahh main ke rumahnya.. Ada pecel nggak?

      Delete
  2. Semoga suatu saat bisa ke Candi Sambisari deh. Foto-fotonya keren ^^

    ReplyDelete
  3. Hhaa.... bagus liputannya... mau lagi spagetinyaaa

    ReplyDelete
  4. Sering aku ke tempat ini, Mas. Dan biasanya lebih suka gowes...hehe

    ReplyDelete

Post a Comment