Netizen : Warga Dunia Baru



You are a Netizen


Pernah dengar kata Netizen? Pasti pernah dengar-lah. Apalagi kalau kalian baca postingan ini pasti tambah tau hehehe. Baik kita bahas secara etimologi yah, secara etimologi ini Netizen berasal dari dua kata yang digabungkan yaitu, Net=Internet dan Citizen=warga. Secara garis besar Netizen adalah warga internet, maksudnya yaitu pengguna internet yang berpartisipasi aktif (Bukan hanya silent reader) atau bisa dibilang berkomunikasi baik berupa pendapat, kritikan, saran bahkan kecaman.

Sama hal-nya dengan warga suatu negara, ia mempunyai identitas biasa disebut Avatar atau username(walau terkadang banyak yang menggunakan username palsu bahkan sampai clonning username orang lain) rumah yang biasa disebut home page, mereka juga punya alamat pos yaitu email, punya telepon yaitu VoIP(Voice over Internet Protocol) dan seperti halnya warga di dunia nyata. Mereka bisa jalan-jalan kemanapun yang dia suka, biasa disebut juga dengan surfing entah menggunakan browser seperti mozilla firefox, internet explorer, safari, UC atau lainnya.

Saya sendiri ini adalah seorang netizen, karena aktif blog walking ke blog temen-temen atau blog lainnya. Atau sekedar komentar di jejaring media sosial. Sederhananya Netizen adalah seseorang yang menggunakan internet untuk berkomunikasi. Dalam netizen ini kita udah nggak ada lagi namanya batasan negara, mau dia orang amerika, orang afrika, orang Indonesia, ataupun lainnnya kita berbaur disana. Coba aja di Youtube, kita bisa komentar keseluruh homepage(kecuali yang diatur khusus nggak boleh dikomentarin), kalau di youtube saya sering komentar-komentaran walaupun bahsa inggrisnya hasil google terjemahan hehehe.

Pada dasarnya ada 3 hal yang dilakukan netizens di internet, yaitu:
  1. Berkomunikasi dengan netizens lainnya melalui media-media seperti skype, email, chat, wall to wall, dll.
  2. Menyuarakan pendapatnya (dapat berupa rekomendasi, kecaman, opini, masukan mengenai sesuatu, mempromosikan, mengekspresikan diri, dll) melalu berbagai sosial media seperti twitter, tumblr, facebook, dll.
  3. Berkolaborasi melalu aplikasi web yang dapat digunakan secara kolaboratif dan real time melalui aplikasi-aplikasi seperti Google Docs, Google Spreadsheet, Zoho, dll.

Kesimpulannya Netizens adalah sama seperti aku, kamu, kita?(lu aja kali gue nggak :P)  pengguna internet tapi tergantung pada diri kita sendiri mau jadi netizens yang seperti apa, menebar Isu, menyebar kebaikan, ataupun lainnya. Tetapi lebih baik kalau kita menjadi warga netizen yang saling berbagi informasi dan kebaikan bukan menyebarjan kebencian pada suatu kaum atau ras. Jadilah warga internet yang baik.

#SetiapHariMenulis #OneDayOnePost

Comments

Post a Comment