Day 1 #BacaBarengHujanBulanJuni

Hari pertama membaca buku "Hujan Bulan Juni" karya eyang Sapardi Djoko Damono
Pertama kali kenal karya Eyang Sapardi Djoko Damono dari puisinya yang  berjudul "PADA SUATU PAGI HARI" yang dimuat dalam buku "Saya Ingin Jadi Copywriter". Isi puisinya macam ini ; .
“Maka pada suatu pagi hari ia ingin sekali menangis sambil berjalan tunduk sepanjang lorong itu.
Ia ingin pagi itu hujan turun rintik-rintik dan lorong sepi agar ia bisa berjalan sendiri saja sambil menangis dan tak ada orang bertanya kenapa.

Ia tidak ingin menjerit-jerit berteriak-teriak mengamuk memecahkan cermin membakar tempat tidur.
Ia hanya ingin menangis lirih saja sambil berjalan sendiri dalam hujan rintik-rintik di lorong sepi pada suatu pagi.” Ini puisi deep banget menurut gue, dan nggak perlu mikir banyak untuk mencerna kata demi katanya. Makannya gue langsung jatuh cinta sama karya eyang SDD. Kemudian gue bertemu buku puisinya yang berjudul 'Hujan Bulan Juni' gue baca berkali-kali sampai bosen tapi nggak bosen sih.
Hingga gue baru tahu ternyata Hujan Bulan Juni ini ada novelnya, maka bergegaslah gue ke toko buku buat liat harga bukunya doang. Setelah dilihat ternyata duitnya gak cukup, maka gue memutuskan untuk pulang lagi. Berhubung waktu itu lagi jadi pengangguran makannya dengan berat hati gue nunda untuk beli buku beliau.

Oke langsung ke reviewnya aja yah, gue baru selesai dua puluh enam halaman dari seratus tiga puluh tiga. Berkisah tentang Sarwono dan Pingkan. Suka banget sama pilihan diksi-diksi dalam buku ini, cerita-cerita yang bikin tersenyum sendiri. Terutama tentang Pingkan, seorang Indonesia Raya. Yang bingung kalau ditanya orang mana? Manado tapi lahir di Solo, gak diakui dimanapun. Ini benar-benar mengerikan. Gue tau betul apa yang dirasain Pingkan. Dan gue rasa ini masalah yang dihadapin anak jaman sekarang, eyang emang cerdas mengangkat kegalauan anak-anak perantau.


#readersquadxgolden #readersquad #teamhujanbulanjuni #flp #instadaily #igers #sdd #sapardidjokodamono #hujanbulanjuni

Comments

Post a Comment