Fobia


Hello guys hari ini kita akan membahas tentang fobia. Ada yang tahu fobia itu apa? Menurut Wikipedia fobia adalah rasa takut yang berlebihan pada sesuatu hal atau fenomena. Sekarang ini kita makin banyak menemukan orang-orang yang mempunyai fobia atau rasa takut sama hal-hal yang menurut kita itu adalah sesuatu hal yang remeh-temeh and that’s so imposible. 

Satu contoh orang yang mengidap fobia aneh adalah aktor sekaligus presenter terkenal Raffi Ahmad yang katanya takut banget sama yang namanya buah rambutan! Nah lohh masa bisa takut sama buah yang satu ini?? Pernah di satu episode acara yang dia bawakan, dia ditantang untuk megang buah rambutan. Tapi alhasil dia ketakutan setengah mati sama buah rambutan itu. Bahkan histeris sampe lari-lari menjauh dari temen-temennya yang mencoba menunjukkan buah rambutan itu.

Ada lagi yang takut sama ampas kelapa parut terus takut sama kereta, jamur. Bagi kita yang menganggap itu biasa aja, ya pasti bikin kita nggak percaya sekaligus mau ketawa melihat orang takut akan hal yang seperti itu. Maka dari itu nggak jarang orang yang punya fobia hal-hal aneh seperti itu jadi bulan-bulanan orang disekitarnya. Kan kasian sudah tahu dia takut hal seperti itu, tapi malah ditakutin terus diketawain.

Memang jadi hal yang menyenangkan sekaligus kocak melihat hal-hal seperti itu saat dilayar TV seorang aktor segenteng Raffi Ahmad takutnya sama Buah rambutan. Atau orang disekiatr kamu takut hal-hal aneh lainnya. Tapi coba deh mengert perasaan mereka atau coba kita diposisi mereka, Pastinya Nggak enak banget.

Pernah saya nanya ke temen saya yang takut sama ampas kelapa parut, kok bisa sih dia takut sama yang begituan? Dia bilang katanya geli aja ngliatnya. Apalagi pas kena kulit begitu penuturannya. Gejala orang yang mengidap fobia ini diantaranya cemas, jantungnya berdebar-debar, keringat dingin bahkan sampai disertai perasaan panik yang menggila disaat dihadapkan hal yang ia takuti itu.

Penyebab fobia ini juga sangat bermacam-macam diantaranya:
*Keturunan orang tua (Gen)
*Akibat respon dari suatu tekanan hal-hal tertentu
*Peristiwa Traumatis yang membuat dia merasa nggak nyaman

Dalam dunia medis, fobia ini dianggap sebagai suatu gangguan kejiwaan yang sangat mengganggu bagi pengidapnya karena bisa menurunkan rasa percaya diri mereka pada lingkuangnnya. Nah buat kamu yang ngrasa punya fobia terhadap sesuatu ada beberapa tips nih buat membantu kamu jadi nggak takut lagi Insya Allah :) 


1. kamu harus niat dan yakin 100% pada diri kamu sendiri untuk bisa mengatasi rasa takut-mu itu. Pokoknya harus optimis bahwa kamu bisa sembuh. Emangnya mau setiap hari jadi bahan ledekan temen-temen kamu??

2. Sudah niat dan yakin nih 100%. Sekarang waktunya kamu berlatih sendiri menghadapi rasa takutmu itu. Coba kamu cermati dan analisa hal yang kamu takutin itu?? dan kamu tanyakan pada diri sendiri kenapa bisa takut sama hal itu?? 

3. sudah kamu amati dan tanya apa sebabnya kamu takut sama itu?? sekarang latihan menghadapi itu jika hal itu ada dihadapanmu. Misalnya dirimu takut sama ampas kelapa, coba kamu ambil sedikit ampas kelapa itu. kamu rasain gimana bentuknya? Teksturnya? Pegang ajah!! Ayo berani!! Don’t be so coward guys!! Ingat dalam hal ini lebih baik kamu coba sendiri saja latihannya. Usahakan jangan ada orang lain. Karena kalau ada orang lain kamu pastinya malu, dan yang ada kalau orang itu jail. Kamu malah dijejelin itu barang dan kamu lari tunggang-langgang nggak karuan.

4. Minta dukungan keluarga, teman-teman dan orang sekitar. Ingat sebagai manusia sosial kita sangat membutuhkan dukungan orang disekitar kita. Apalagi kalau yang mendukung dan menyemangati si doi, pastilah kamu makin semangat ngjalaninnya ayyoo semangat!!

5. Kalau kamu nggak mau nyoba saran 2 dan 3. Dan kamu punya uang berlebih silahkan terapi ke psikolog. Apalagi sekarang ada hipnoterapi, yang memainkan alam bawah sadar kita. Disana kita akan dilatih secara perlahan sampe Insya Allah sembuh pastinya gampang dong kan tinggal dihipnotiss TATAP MATA OJANNNNN!!!!! 

6. Sebenarnya ini bukan buat kamu yang punya fobia, tapi terlebih buat kamu yang nggak punya fobia dan orang disekitar kamu ada yang punya fobia. Ayyo bantu mereka menghilangkan rasa fobia mereka. jangan malah kamu nakut-nakutin dengan jejelin mereka pake itu. Oke sip bantu mereka yahh!! Kan enak sesama manusia saling membantu.
Nah itu dia saran dari Mr. Choco buat para fobiers semua semoga bermanfaat buat kita semua. Ok see you soon guys :) 
 
(Bahasa Mr Choco lagi dilatih biar baku dan sesuai EYD yang disempurnakan soalnya lagi latihan jadi copy writer hehehe jadi maaf ya kalau bahasanya agak kaku nggak kayak biasanya :))


Comments