Catatan Kecil (Puisi bagiku)


How special you are?
Puisi, Sehak dulu gue suka banget yang namanya puisi. Dimulai dari puisi-puis dibuku peljaran bahasa indonesa SD. Bahkan dulu waktu gue duduk dibangku sekolah dasar kelas dua dan gue udah lancar baca, entah kenapa gue suka banget puisi-puisi yang disana.

Saking senengnya gue sering masuk kekelas-kelas tiga sampai enam hanya untuk minjem buku paket bahasa indonesia dan gue bawa kerumah. Dan yang gue cari selalu puisi atau cer-pen atau dongeng semacamnnya.  Bagi gue sendiri itu puisi adalah suatu kalimat-kalimat yang indah layaknya lukisan yang bisa kita lihat warna-warnanya. Pokoknya kebiasaan itu terus berlanjut sampai gue SMA.

Karena bagi gue dulu yang tinggal dikota kecil dan gak punya perpustakaan daerah dan toko buku itu juga kayaknya juga satu-satunya dikota gue. Udah mungil dan tersembunyi lagi. Dan keluarga gue-pun bukan dari kalangan yang kurang mnampu waktu itu. Koleksi majalah bobo gue aja waktu itu hasil beli dipasar, jadi waktu itu ibu gue dagang sayur dan selalu beli koran bekas untuk bungkus cabe dan segala macamnnya. Dan gue selalu nitip ibu gue untuk beliin majalah bobo bekas.

Walaupun tahunnya udah lama dan waranya agak kabur-kabur itu lumayan untuk gue mengobati rasa haus akan bacaan tersebut.

Mulai SMA gue nyoba-nyoba bikin puisi yang gue buat di buku tulis biasa big boss. Walaupun kalau gue baca sekarang gue selalu berkata, kok bisa yah dulu gue se-alay ini wkwkwk kebanyakan nulis puisi tentang cinta dan benci yang kurasaa owhhh....

Kemaren bang Tendi Murti di acara workshop smart writing pernah bilang, tukang puisi itu orang yang paling curang, karena sebenernya dia itu curhat tapi oreang lain nggak tau. Hohohoho gue langsung manggut-manggut setuju sama pernayataan dia tersebut, yes i did, thats what i do when i write a poem lol yupp itu bener-bener gue lakuin kalau lagi tiba-tiba gue ngrasa something so deep and i cant hold it anymore by myself.  

Yaudah gue Cuma bisa nulisin itu dalam puisi, terlebih gue nggak bisa terlalu open buat perasaan gue itu. Gue nggak gampang buat ngungkapain apa yang gue rasain. Maka tertulislah puisi-puisi yang kadang aneh, kadang abstrak,  kadang pula astral wkwkwk

Nah ini dia kalo kata paman wiwki(pedia) tentang puisi

“Beberapa ahli modern memiliki pendekatan dengan mendefinisikan puisi tidak sebagai jenis literatur tapi sebagai perwujudan imajinasi manusia, yang menjadi sumber segala kreativitas. Selain itu puisi juga merupakan curahan isi hati seseorang yang membawa orang lain ke dalam keadaan hatinya.
Baris-baris pada puisi dapat berbentuk apa saja (melingkar, zigzag dan lain-lain). Hal tersebut merupakan salah satu cara penulis untuk menunjukkan pemikirannnya. Puisi kadang-kadang juga hanya berisi satu kata/suku kata yang terus diulang-ulang. Bagi pembaca hal tersebut mungkin membuat puisi tersebut menjadi tidak dimengerti. Tapi penulis selalu memiliki alasan untuk segala 'keanehan' yang diciptakannya. Tak ada yang membatasi keinginan penulis dalam menciptakan sebuah puisi” 


Puisi itu pelampiasan emosi gue untuk saat ini, so how about you?(nada ala Agnes di iklan motor) owh iya Profile pics-nya Mbak Ana juga tertulis kata-kata kayak gini “Puisi tidak bisa dipesan. Ia ditulis dengan tulus. Jika kamu ditulis atau dihadiahi puisi, pasti kamu cukup istimewa untuk sipenulis” owhh i really agree with this, hanya orang-orang tertentu yang bisa mejadi inspirasi sang penulis. 

So buat kamu yang pernah aku buatin puisi jangan bilang kepanjangan jadi males bacanya. Cause thats was really special for you from my bottom heart eaa.... Udah ahh curcolnya hari ini, mau makan siang dulu. Semata makan siang ya semua Enjoy your meal.

#Semangatapril #setiapharimenulis #onedayonepost

Comments

  1. Aku ga pernah dibikinin puisi...😢

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi kapan yahh.. *thinking (out loud)

      Delete
  2. Tuuh kan akhirnya ngaku juga kalau puisinya itu curhatan dirinya sendiri... hihihi... lepaskaan Septiaaan...

    ReplyDelete
  3. Tuuh kan akhirnya ngaku juga kalau puisinya itu curhatan dirinya sendiri... hihihi... lepaskaan Septiaaan...

    ReplyDelete
  4. Ooo. jadi selama ini dia yang selalu menjadi inspirasi ku menulis sangat istimewa ya? hemmm. #bacapuisikubang #liriksamping :v

    ReplyDelete

Post a Comment