Books Reviews (Muhammad Al-Fatih 1453 & Santriwati Baru)

 
 
 
Selesai baca dua buku minggu ini, yaitu buku Muhammad Al Fatih 1453 karangan Ust. Felix Siaw & Santriwati baru Karangan Mbak Irma Anggaini Adi. Ada beberapa kesamaan yang bisa gue simpulin dari kedua buku ini. Entah kebetulan atau apa yang bisa mempertemukan kedua buku bacaaan dihadapan gue ini, mempunyai beberapa kemiripan.

Kesamaan yang pertama, tentulah dari judulnya kita bisa tau, bukunya ber-genre islami.

Kedua sama-sama punya ilustrasi dalam dalam bukunya.

Ketiga penulisnya sama-sama muallaf dan dari keturunan cina. Bukannya mau rasis, justru sebaliknya gue ngrasa salut banget buat mereka para muallaf yang dengan semangatnya mengejar ketertinggalan mereka dalam menimba agama(islam). Malah bikin gue ngrasa malu sendiri, sebagai muslim yang pure dari lahir, malah males-malesan untuk mengenal lebih dekat tentang agamanya.

Biar gak penasaran nih gue kasih cuplikannya ya.

1. Muhammad Al-Fatih 1453 (Felix Siaw)
 
Ini adalah kisah ketika dunia hanya mengenal dua wilayah; Barat & Timur. Persaingan antara dua negara; imperium romawi dan khilafah Islam.
 
Berkisah tentang perjuangan umat muslim dinasti utsmaniyah yang bercita-cita untuk mewujudkan perkataan Rasullullah SAW yang berbunyi 
"Sungguh, Konstantionopel akan ditaklukkan oleh kalian. Maka sebaik-baik pemimpin adalah pemimpinnya dan sebaik-baik pasukan adalah pasukan yang menaklukannya" (HR. Ahmad).
 
Pada masa itu khususnya bagi kaum muslim Kota Konstantinopel adalah kemuliaan yang telah dijanjikan oleh Allah dan Rasul-Nya dalam bisyarah mereka.

Beberapa kali pengepungan pasukan muslim di Konstantinopel gagal dan harus mundur. Karena kota Konstantinopel bukanlah kota yang dapat ditaklukan dengan mudah. Konstantinopel adalah satu-satunya kota kota yang memiliki pertahanan terbaik pada masanya. Dengan tembok kokoh lapis tiga yang mengelilinginya. Dan armada laut terkuat pula, bukanlah hal yang mudah untuk memasuki kota tersebut.

Dalam buku ini kita diajak menyelam ke sejarah islam yang sangat besar. Mengingat kembali bahwa islam dulu pernah jaya dan mengusai hampir seluruh bagian bumi.

Kita akan mengenal bagaimana jungkir-balik panglima terbaik yang diramalkan Rasulullah yaitu sultan Mehmed II meraih kemenangannya.

Dengan ilustrasi gambar-gambar yang mendukung, kita nggak cuma di telling aja tapi di showing bagaimana gambaran pada masa itu.


2. Santriwati Baru (Irma Anggraini Adi)

Buku karangan Mbak Irma Anggraini Adi ini berkisah tentang perjalanan santriwati mualaf di pondok pesantren Nguruki. Dengan bahasanya yang ringan dan terkesan lugu tanpa menggurui, kita diajarkan agama islam dengan bahasa yang mudah kita pahami.

Bahkan kita merasa ikut kedalam cerita tersebut. Mengetahui bagaimana kehidupan mejadi santriwati di pondok. Baca buku ini serasa baca buku harian sendiri terutama yag memang suka nulis buku harian.Pastinya dengan ilustrasinya yang lucu bikin kita makin betah baca buku ini.

Sekali lagi dua jempol untuk kedua penulis buku ini Om Felix Siaw dan Mbak Irma. Good job hehehe yang mau pesan buku mbak Irma sari ini silahkan hubungi beliau segera ya takutnya keabisan, mumpung lagi Pre-Order ke dua loh..

Comments

  1. Replies
    1. minjem aja mba Wid, ini aku aja minjem haha

      Delete
  2. Itu penulisnya mba irma anggraeni adi mas ian

    ReplyDelete
  3. Mas Septian... Saya baru baca blog ini.. Terima kasih atas ulasan menarik dan bantuan promonya.. :) Barakallah..Saya ijin share yaa..

    ReplyDelete
  4. Mas Septian... Saya baru baca blog ini.. Terima kasih atas ulasan menarik dan bantuan promonya.. :) Barakallah..Saya ijin share yaa..

    ReplyDelete

Post a Comment