Geevv - Mesin Pencari Asli Indonesia


 
https://geevv.com/
Saat ini kita udah addict banget sama mesin pencari atau yang udah ngbranding banget itu dikepala kita google. Bahkan di Indonesia sendiri google ini banyak yang menyebutnya “Mbah Google” sebuah gelar ‘mbah’ disisipkan de depannya, entah siapa yang memulai, sebutan ‘mbah’ itu sendiri dimaksudkan untuk mbah dukun yang biasanya serba tahu. Google pula pasti salah satu andalan para pelajar nggak SMA atau mahasiswa pasti pakai ini terutama saat Ujian buat seacrhing jawaban. 

Nah sebelum google terkenal seperti saat ini sebenarnya ada saingannya satu lagi yaitu yahoo yang saat itu cukup terkenal di Indonesia. Tapi saat ini kayaknya yahoo sendiri kurang terkenal, selain yahoo sebenarnya adalagi macam amazon, duck-duck go, msn(microsoft), Bing, Ask.com dan masih banyak lainnya. 
Azka dan rekannya

Akhir september lalu Indonesia gak mau kalah untuk membuat tandingannya, digawangi oleh mahasiswi cantik UI bernama Azka Slimi membuat sebuah search engine bernama Geeve. Seperti yang diungkapkan Azka dalam wawancara bersama CNN Indonesia menjelaskan bahwa Geevv bukan hanya sekedar mesin pencari seperti google, walaupun secara teknis cara kerjanya sama. Tapi prinsipnya, Azka menekankan bahwa startup yang ia buat adalah sodial search engine. 

Yang mana kita bisa berdonasi sepuluh rupiah dalam setiap kita memasukkan kata kunci dan mencarinya di geevv ini. Angka itu akan terus berlipat seiring jumlah pencarian yang dibuat. Singkatnya semakin banyak kita menggunakan geevv, maka semakin bertambah donasi yang dihasilkan. Kemana sih disalurkannya?? Gak perlu khawatir keuntungan yang dihasilkan dari Greevv ini akan disalurkan ke sejumlah program sosial seputar kesehatan, pendidikan dan kemiskinan.

Dan kerennya lagi kita bisa tahu berapa donasi yang kita salurkan hari itu dengan melihat ke pojok
"Cara penghitungannya adalah jumlah rata-rata iklan yang muncul dibagi banyaknya hasil pencarian," terang Azka. Dari situs web Geevv, total donasi yang tersalurkan sampai hari ini sudah berjumlah Rp12.017.470 (bisa dilihat dibawah websitenya).

Meskipun biaya keuntungan Geevv ini sebagiannya lebih besar untuk berdonasi, Azka mengakui Geevv sebagai entitas bisnis juga mengincar profit. Ia tak menampik bahwa tujuan lain dari mendirikan Geevv adalah untuk mencari untung.
"Jumlah donasi yang tersalurkan itu sudah dikurangi dari biaya operasional dan lainnya. Jadi kita sebenarnya profit kok," tegasnya.
kanan atas situs pencarian. Azka menjelaskan bahwa jumlah uang donasi itu berasal dari pendapatan iklan yang masuk. Setelah mengambil 20 persen untuk profit perusahaan, sisa pendapatan sebesar 80 persen ditujukan untuk donasi.

Nah gimana kerenkan mahasiswi cantik yang satu ini? Semoga saja harapan Geevv untuk terus maju dan bisa bersaing dengan raksasa Google ini bisa terwujud dengan segera. Kita sebagai orang Indonesia patut bangga akan produk-produk Indonesia, walaupun saat ini masih ada kekurangan kita harus berbangga hati ya. Jangan lupa gunakan Geevv mulai dari sekarang, karena kalau bukan kita siapa lagi??

Comments

  1. search engine baru ini smoga makin powerful ya, dan berguna bagi kita smua dan dunia.. amin..

    ditunggu komentarnya ya k di https://goo.gl/cJCIN3

    Mkasih.. ehh bacanya geevv gmana ya ?

    ReplyDelete

Post a Comment