Perjalanan ngerjain KKP - Membuat Judul


Semuanya itu diawali dengan judul. Begitu pula KKP, oke sebelumnya mungkin ada yang kurang tau apa itu KKP?? Jadi KKP ini adalah singkatan dari Kuliah Kerja Praktek, dimana seorang mahasiswa tingkat akhir sudah mulai masuk ke dunia kerja yang sebenarnya. Bukan hanya berpatut di depan teks book atau fotokopian resume dosen.

Tapi terjun langsung ke dalamnya. Setahu gue sih kalau jurusan selain TI dan SI (gak tau kalau yang lain sama nggak?) Bukan KKP namanya. Namun pada intinya sama. Istilahnya hampir samalah kayak PKL. Kalau denger cerita temen-temen gue yang beda jurusan mereka kayak PKL gitu keluar pulau atau ke desa-desa buat mengajarlah atau membangun disana, tapi berbeda dengan anak TI dan SI(yang lain menyesuaikan).

Kalau kita anak SI atau TI kita KKP-nya ke lembaga-lembaga baik atau perusahaan. Dimana kita diminta untuk menganalisa sistem yang ada di instansi tersebut. Biasanya sih satu sistemnya aja sih yang diteliti. Misalkan kita neliti di sebuah perusahaan produk kosmetik, kita bisa pilih di bidang marketingnya gimana proses penjualannya. Atau yang terlalu mainstream dan favorit setiap tahun untuk dijadikan bahan KKP yaitu Inventory atau masalah pergudangan. Kalau gue sendiri karena ngambil di sekolahan jadi gue ngambil judulnya tentang rapor gitulah.

Saran dan masukan buat adik-adik junior nih yang udah semester lima udah mulai nyari judul dan tempat untuk KKP ini. Jadi pas giliran kalian KKP nggak kelimpungan dan berasa di kejar Deadline. Dan asal kalian tahu ujian dan cobaan makin keatas makin hebat dan susah. (Serius trust me deh, makannya ikutin tulisan ini ya biar siap menghadapi KKP dan skripsi nantinya)

Jadi judulnya harus disiapkan dari sekarang!!! Karena pertama judul adalah inti gagasan dalam KKP itu sendiri, yang mana akan kita kembangkan menjadi 5 bab nantinya. Biasanya judul yang baik itu selalu diawali dengan kalimat "Analisa sistem informasi blablablablabla......." untuk rumus pembuatan judul adalah "Analisa Sistem Informasi + (sistem apa yang iteliti) + pada (Nama Tempat ) contoh :
Analisa sistem informasi Laporan Nilai Akhir siswa  pada SMA Kosgoro Tangerang.

Sharing-sharing sama teman atau senior juga nggak kalah penting nih buat bikin judul. Selain biar lebih ngerti apa yang sebaiknya kita ambil dan bisa buat mencerahkan kalau yang masih mentok. Dan perlu diingat pula kalau yang udah kerja lebih baik ngambil tempat KKP di kantor sendiri. Karena selain kita udah tahu bagaimana proses kerjanya, masalah perizinan-pun pasti lebih mudah karena bossnya udah kenal.

So siapkan saat ini juga jangan sampai Lupa. (Khususnya mahasiswa/i STIKOM CKI CENGKARENG)


Comments