Sehari di Rumah Dunia Gol A Gong (Part 2)


 



Holla here we go again, Kemarin tanggal 23 April gue dapat kesematan yang langka dan luar biasa yaitu bisa main-main ke rumah Mas Gol A Gong. Ituloh Bapaknya si Roy yang kece, kalau anak tahun 90’ an mungkin akan kenal atau seenggaknya pernah denger nama penulis itu. Hari yang bertepatan dengan World Book Day itu di Rumah Dunia ternyata sedang mengadakan event tahunan untuk merayakan World book Day ini. Nah salah satu kegiatan yang nggak pernah absen di Rumah dunia ini adalah acara Launching buku. Untuk kali ini buku yang di launching secara marathon berjumlah 64 buku. Walaupun nggak semuanya di tanggal 23 ini tapi sudah mulai sejak tanggal 21. Dan beruntung buku Antologi One Day One Post bisa ikut launching bersama disana. 

Perjalanan dari Jakarta memakan waktu sekitar dua jam lebihlah kalau pakai nyasar segala. Rumah Dunia ini bertempat di Komplek Hegar Alam No. 40 Serang. Pokoknya sih lokasinya menyatu sama daerah pemukiman warga dan akses jalannya cukup sempit untuk masuk ke lokasi. Tapi tenang aja, parkirannya disana lumayan besar kok. Sesampainya disana langsung disambut oleh dua bale yang membuat gue pengen tidur siang, soalnya benar-benar cozy dan nyaman. Pohon-pohon rindang yang ada disekitar kompleks rumah dunia lebat-lebat jadinya teduh banget. Karena sedang ada acara besar Rumah Dunia jadi agak crowded ya. Apalagi pas kita sampai lagi ada launching MOLI atau Moter Literasi yang waktu itu lagi nggas beberapa motor yang menimbulkan kebisingan. 

Yang asyik kita bisa langsung ketemu Mas Gol A Gong. Dengan tampilan santainya menggunakan kemeja besar bermotif bunga, sarung dan topi pantai. Mas Gong kayak lagi liburan dipantai hehehe. Mas Gong ini juga hectik banget jalan kesana-kemari menyambut dan menyalaminya satu-satu para tamu yang datang. Nerima ajakan foto bareng dari para tamu, humble banget kan Mas Gong ini!

Kita sampai sekitar pukul sepuluh disana jadi kita ngadem dibale dulu sambil ngobrol-ngobrol santai di bale. Maklum aja ini sekalian kopdar bareng Uncle, Mak Pin, bunda Lisa dan Mba Denik. Jadi kita lebih asyik ngobrol bergerombl ngomongin apa aja yang asik. Tapi Mba Denik nggak all the time ikut nimbrung ngobrol soalnya Mba denik kan aktif banget. Dia bawa tiga gerombolan sekaligus ke acara ini yaitu gerombolan ODOP, gerombolan Bimtek dan gerombolan kebaya-nya. Jadilah dia sibuk kesana-kemari, keren banget mbak yang satu ini emang. Kalau nggak ada dia-pun Antologi ODOP mungkin nggak akan Launching disini. Bak Denik juga Launching buku duetnya bareng sahabatnya yang suka berkebaya pula. Bukunya berjudul Backpacker with Kebaya, buku yang berisi kumpulan cerita perjalanan mereka menggunakan kebaya. Dan hebatnya lagi buku ini ditulis secara marathon dalam empat hari. wihh keren kan!!

Nah kebetulan Launching buku kita itu kebagian ba’da Dzuhur jadilah kita bisa bersantai-santai dibale lebih lama. Bunda El sibuk sama El yang lari kesana-kemari, jadi dia nggak bisa ikut nimbrung ngopi-ngopi di bale. Namanya Macan(Mamah Syantik) gitu deh kalau pergi bareng anaknya jalan-jalan sambil momong. El juga anaknya emang agak protektif, gak mau digendong sama orang asing. Kalau digendong bisa-bisa dia nangis kejer. Bagus sih jadi El aman dari para penjahat hehehe kalau gue dulu waktu kecil mah dikasih permen sebiji juga langsung ngikut aja mau dibawa kemana.

After lunch kita sempetin foto-foto bareng berlima kayak personil Warna kata Mak Pin. Setelah asyik foto—foto kita ke ruang auditorium untuk Launching buku kita LOVE PASTA, 30 MENIT buku kumpulan puisi mbak Hiday Nur yang kece-kece banget puisinya dan BACKPACKER WITH KEBAYA milik Mbak Denik dan Mbak Lia yeeeyyy kita akhirnya maju bareng-bareng kayak mau tawuran #siapin_gir_motor. Untung ada Uncle, jadi biarkan dia yang tua menjelaskan buku kita ini. Perut rasaya mules-mules pas maju ke panggung padahal nggak ngapa-ngapain cuma duduk manis sambil senyum-senyum ala miss universe. Sepuluh menit yang menegangkan setelah penjelasan tentang buku kita dan perkenalan serta tanya jawab tentang buku kita akhirnya disuruh turun juga. 

Vocal grup ODOP Eaakk :v
Selesai acara Launching buku ada pembacaan puisi, ada talkshow bersama Yasmin Azzahra Rahman penulis cilik berkebutuhan khusus, ehh no jangan berkebutuhan khusus mulai sekarang kita ganti dengan berkemampuan khusus sepakat!! Okay kita lanjut sama si penulis cilik berkemampuan khusus, ternyata eh ternyata dia sudah menerbitkan tiga buku dan nggak tanggung-tanggung si penulis cilik yang cantik ini menggaet gramedia sebagai partnernya. Waktu paling lama dia menulis untuk buku katanya setahun dan paling cepat enam bulan wah produktif banget ya. Ya Rabb kalah gue sama dia, jadi malu rasanya. Semangat-semangat semua, semoga bisa secepatnya buat buku perdana. Aduh naskah mana naskah??? Di Rumah Dunia juga biasanya diadakan kelas menulis setiap hari minggu yang dipandu Mas Gong sendiri atau team. Nah kalau tertarik pengen belajar langsung dari beliau datang aja setiap hari minggu ke Rumah Dunia. Pokoknya recomended banget deh buat para Orangtua yang mau ngajak anaknya berwisata edukatif daripada ke mall terus kan ya. Ilmu gak dapet kantong jebol iya.

Okey segitu saja report hasil jalan-jalan dirumah Mas Gol A Gong kalau ada yang minta tanda tangan silahkan datang kerumah ya #kibas_jenggot. Dan buat yang mau pesan buku Love Pasta, Travel with Kebaya dan 30 Menit silahkan hubungi penulis masing-masing ahahaha.


Comments

  1. waw ... keren nih artikelnya, Yan :D #FullFoto hahaha ...
    Next bikin ulasan buku "Love Pasta", "Travel with Kebaya", dan "30 Menit", dong :3 #SokRequest #Mangaaaatt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk siap kak ini. Tapi yang Travel with kebaya aku tak punya bukunya..

      Delete
  2. Pengen banget bisa ke Rumah Dunia gini Mas. Tahun kemarin sempat mau berangkat ke Singapur bareng pak Gong, sembari nulis bareng. Udah bikin paspor juga, tapi pas dihari H nya ternyata bentrok sama ujian di kampus, mau ditinggal takut ngulang, ya udah di undur aja, semoga dilain kesempatan masih bisa..

    Untuk rute arah ke Rumah Dunia, kira-kira mudah dijangkau atau tidak Mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh iyya mas gong kan punya Gen travel juga ya. Pengen sih ikuttjuga kapan2. Rutenya gampang kok kalau lewat jalan tol. Cuma jalan masuknya ke RD agak sempit emang. Muat satu mobil ajah

      Delete
    2. Oh gitu, semoga di lain kesempatan bisa kesampaian ke rumah dunia ya, Mas :)

      Delete
  3. Hiks.. kpan aku bisa ke sanaaa???..

    ReplyDelete
  4. Apa ini?
    "Untung ada Uncle, jadi biarkan dia yang tua menjelaskan buku kita ini."
    Ya ampun.. Ya ampun.. Hahahaha. πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

    ReplyDelete
  5. Bravo... bravo...
    Selamat ya buat para penulis kece ODOP yang sudah melahirkan si jabang buku: Love Pasta, 30 menit, n Travel with Kebaya 😊
    Congratulation...

    ReplyDelete
  6. Barakallah kerennyaaa hihi ...

    Jadi nambah pen piknikπŸ™ˆ

    ReplyDelete
  7. Kurang banyak ni ah foto-fotonya....😦😦

    ReplyDelete
  8. Wih seru beud keknya...
    Selamat juga buat ODOP yang udah melahirkan karyanya.... Ikut bangga ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhuu makasih nett, next antologi ikutan yakk

      Delete
  9. Seruuu bgt sihh... Sukses ODOP buat bukunyaa...

    ReplyDelete
  10. Saya masih kesulitan mingkem gegara membayangin mas tamvan mules2 di panggung wkwkwkkwkw...

    ReplyDelete
  11. Wah... Keren & seru nih launching bukunya. Jadi pengen πŸ€”

    ReplyDelete
  12. Kereeen masya Allah...ikut bangga padahal bukan milik😁😁

    Haruu. Congrats yah kakak kakak😊

    ReplyDelete
  13. Satu kata untuk ulasan ini....wow

    ReplyDelete

Post a Comment