27 Cara mendapatkan Ide untuk Menulis



Asekk judulnya mantap kali ya, gue jadi berasa penulis yang udah terkenal banget nulis tulisan kayak beginian. Berasa Andrea Hirata banget wkwkwkwk. Tapi tak apalah ya, berbagi ilmu itu bukan tugas orang-orang hebat ajah. Kalau semua orang berpikiran seperti itu, akan jadi seperti apa dunia ini??

Rasul aja mengatakayn 'Ajarkanlah ilmu, walaupun hanya satu ayat' nah, tak perlu banyak-banyak cukup satu ayat yang kita tahu itu sudah sangat berarti. Dan ilmu pula adalah salah satu amalan yang pahala nya selalu mengalir selama ia terus ditularkan kepada orang-orang disekitar.

Maka-nya para guru harus berbangga dengan profesi mereka, setidaknya walaupun gaji masih honorer. Tapi gaji Allah tak ternak dimatanya. Lumayan kan buat beli KPR di surga nanti. So yukk berbagi ilmu dengan ikhlas.

Langsung aja nih ke tips yang pertama:

1. Peka
Sebagai seorang penulis kita harus peka, peka pada lingkungan sekitar kita. Apa yang terjadi disekitar kita pun sebenarnya bisa menjadi bahan ide tulisan kita. Misal kita ngliat semut yang yang hampir  terinjak kita. Itu bisa jadi bahan menulis kita. coba kita ambil sudut pandang si semut, bagaimana mereka sudah teriak-teriak memperingatkan kita bahwa dibawah ada mereka yang tengah beraktivias. Kuncinya satu harus peka.

Bukan untuk penulis aja sebenarnya. Kita sebagai manusia itu perlu meningkatkan kepekaan kita agar bisa mengetahui mana yang baik dan buruk.

2. Membaca
Dengan banyak membaca kita akan banyak mengetahui. Dengan banyak mengetahui kita akan banyak punya ide untuk dituangkan betul tak??

3. Mendengarkan music
Mendengarkan music bisa menjadi alternatif untuk menggali ide. Karena saat kita mendengarkan musik, perasaan kita yang bermain. Sehingga mempengaruhi mood dalam menuangkan ide. Bahkan terkadang dari lirik-lirik yang ada harus menggaung dikepala kita. Nah saat itulah ide telah menghampiri.

4. Menonton film
Menonton film bukan semata menjadi hiburan yang menyenangkan. Tapi bisa menjadi sarana kita menggali ide dengan mencermati isi film tersebut.

5. Me Time
Kesibukan sehari-hari buat kita penat. Sehingga ide gak mau muncul, itu saatnya kalian melakukan hal yang menyenangkan untuk diri sendiri. Sejenak lupain bos yang nyebelin, dospem yang suka nyoret-nyoret skripsi, judul skripsi belum di ACC, gebetan yang tukang PHP, teman yang makan teman, pacar yang sok cuek, lupain deadline or everythings yang menjadikan diri kita terbebani. You just need to be happy doing something what you like.

6. Sharing dengan teman
Sharing dengan teman atau biasa dikenal dengan curhat. Bisa menjadi salah satu mendapatkan ide yang menyenangkan. Selain kita bisa meringankan beban orang yang curhat ke kita. Kita bisa mendapat ide untuk cerita kita. Teman-teman malah ada yang terang-terangan mau cuhat tentang hidupnya biar ceritanya kita tulisin loh.

7. Ritual khusus
Jangan mikir yang macem-macem ya. Ritual disini maksudnya nggak pakai sajen dan kawan-kawannya. Tapi ritual khusus dimana kita selalu mendapatkan ide disaat sedang mengerjakan sesuatu. Contohnya :

- Agatha Christie, penulis cerita kriminal yang kece, beliau akan berendam dibak mandi ketika mencari ide.

-A.A. Navis, penulis novel 'Robohnya Surau Kami' , Kang Navis ini akan mengurung diri di WC untuk mencari ide.

-MS Wijaya yang tak lain gue sendiri. Mendapatkan ide yaitu ketika lagi jalan kaki sendiri atau naik motor sendiri. Pikiran gue akan bebas melayang kemanapun dan tiba-tiba ke inget sesuatu ingin segera dituliskan.

Nah yng ini sih nggak wajib juga, karena setiap orang berbeda. Coba deh di ingat-ingat kembali pas moment apa kalian mendapatkan ide?? Apakah polanya berulang disaat mengerjakan sesuatu itu kita terus mendapat ide?? Kalau iya, selamat anda mengetahui ritual anda sendiri untuk mendapatkan ide.

Nah begitulah 7 tips sederhana dari gue untuk mendapatkan ide. Loh kok cuma tujuh?? Judulnyakan 27!! Wkwkwkwk selamat anda masuk jebakan batman! Yang dua puluhnya silahkan tambahkan sendiri.

#Kabur sebelum dirajam masa.

Comments

  1. Kece Ian. Njebak orang utk cari sendiri 20 ide..

    ReplyDelete
  2. Wow...udah semangat 45 bacanya...

    Hayoh...ngutang 20 lagi

    ReplyDelete
  3. oi, mas kurang dua pulu tuh, apa perlu saya tambahin mas :p

    ReplyDelete
  4. Wahhh mantap nih mas ian... Kena jebakan batman saya..

    Etapi kece loh tipsnya... Matur nuwun

    ReplyDelete
  5. Ahaha...bang Ian tanggung jawab. Masih kurang 20. Buat lnjutannya pokokna

    ReplyDelete
  6. Yahhhh..penulisnya PHP nih.....

    😅😅😅

    ReplyDelete

Post a Comment