Selesaikan Naskah di Bulan Ramadhan






Bulan ramadhan bulan yang paling ditunggu oleh umat muslim karena bulan ini Allah lagi buka diskonbesar-besaran untuk para pencari pahala. biasanya beli dapat satu, sekarang beli satu gratis 700. Nah makannya bulan ramadhan ini jangan sampai kita lewatkan dengan begitu saja. Salah satu ibadah buat penulis yaitu dengan menulis, jangan mentang-mentang puasa bawaaannya lemes dan pengan tidur aja dikasur. Kalau kita niatkan di bulan ramadhan ini bisa loh menjadi ajang kita untuk meyelesaikan naskah kita yang tertunda.


Mau tau kan caranya biar bisa nyelesaikan naskah kita selama bulan ramadhan yuk tengok tips sederhana yang insya Allah kalau istiqomah dilakukan, lebaran ini satu naskah terselesaikan. Syukur-syukur bisa diterbitkan.

1. DOA
Hal pertama yang harus dilakukan itu doa, mumpung bulan penuh berkah. Dimana doa kita mudah di ijabah nggak ada salahnya kita bulan ini cerewet sama Allah buat minta banyak permintaan. Doa minta dilancarkan mendapatkan ide, doa agar bisa istiqomah dalam menyelesaikan naskah, doa semoga tulisan kita bisa bermanfaat bagi masyarakat luas, doa bisa tembus ke penerbit mayor naskahnya, minta kelak bukunya jadi best seller. Pokoknya berdoalah! karena meminta kepada sang maha kaya ngggak rugi kok. Jangan lupa jomblo pemegang medali emas juga wajib berdoa semoga ramadhan besok udah nggak dibangunin sahur sama alarm lagi. 
Mumpungloh mumpung!



2. Tentukan Tema
Setelah banyak berdoa kita siapkan tema apa yang akan kita tulis, usahakan tema yang sesuai kemampuan kita. Karena kalau kita menulis sesuatu hal yang diluar kemampuan kita, akan sulit nantinya. Perlu banyak riset yang seharusnya waktunya bisa kita gunakan untuk menulis.

3. Just Write
Tema sudah dapatkan, tinggal kita buat outline singkat dan mulai menulis! iyya tulis aja apa yang ada dikepala. kalau buntu gimana?? Kalau benar-benar buntu, jangan dipaksakan. Nanti bisa setres sendiri yang ada, tapikan tadi kita udah berdoa diawal biar dilancarkanuntuk mendapat idenya. Insya Allah ide itu selalu ada, asalkan kita mau membuka pikiran kita. Gimana mau nulis, bulan ramadhan itu full loh kita mau ibadah sama Allah!!

Kalau kewajiban kita yang itu memang perlu dan wajib, tapi ada kewajiban lainnya kalau kita mau jadi penulis yaitu menulis!! Malah sebenarnya banyakloh waktu yang tersisa untuk menulis. Sehabis shalat subuh dari pada bobo lagi luangkan waktu untuk membaca Al-Qur'an selepas itu luangkan sepuluh menit untuk menulis itu cukup. Waktu istirahat makan siang, dari pada untuk bengong-bengong dengerin perut kriuk-kriuk lebih baik untuk menulis. Kejar target-kejar target pokoknya!!

Nah cukup tiga tips sederhana tapi susah kalau kita tidak mau berusaha. kalau sedang low semangatnya, ingat semuanya butuh pengorbanana jika menginginkan sesuatu. Di dunia ini nggak ada yang instan, bahkan mie instan saja perlu direbus dahulu untuk dimakan. Yuk semangat nulis, manfaatkan bulan penuh berkah ini untuk melakukan hal yang berguna.


#tugasessayODOP
Menyoal Efektivitas Menulis Selama Bulan Ramadhan

Comments

  1. Mungkin maksudnya 'tadi'.

    Makasih tipsnya, bang Ian.

    ReplyDelete
  2. Tai = Tapi
    Just that simple ya, bang Ian?

    ReplyDelete
  3. Di bulan yang suci ini memang kalau dimanfaatkan untuk menulis bisa efektif ya, Mas. Semoga dimudahkan. Termasuk puasanya :)

    ReplyDelete

Post a Comment