Book Reviews - Bumi (Tere Liye)


Judul Buku          : Bumi
Penulis                  : Tere Liye
Halaman              : 264 Halaman
Penerbit               : Gramedia Pustaka

Beberpa minggu terakhir dunia literasi di gegerkan dengan surat pernyataan Tere Liye yang menyebutkan akkan menghentikan pencetakan ulang buku-buku karyanya sebagai bentuk protes pada pengenaan pajak kepada penulis yang cukup besar. Dalam surat pernyataannya pula ia menyatakan tidak akan menerbitkan buku kembali. Lantas apa dia akan berhenti menulis?? Tentu saja tidak, ia malah dengan berbaik hati akan membagikan tulisannya secara gratis lewat faspagenya.
Tere Liye memang penulis yang sangat produktif, akhir-akhir ini hampir seluruh toko buku di sesaki oleh karya beliau yang cukup banyak mulai dari yang bertema percintaan, sos-pol hingga petualangan. Seperti buku yang saya entaskan dalam sehari ini. Novel yang berjudull Bumi ini mengisahkan tentang seorang anak perempuan bernama Raih (entah Raib, karena di e-book yang saya dapatkan terkadang Raih terkadang Raib) tak menyangka kehidupannya akan segera berubah, setelah kehadiran seorang makhluk kurus yang muncul di depan matanya lalu menghilang begitu saja. Dan ternyata selama lima belas tahun ini ia pula menyimpan rahasia yang tak pernah di ketahui siapapun termasuk orang tuanya. Rahasia itu adalah, ia dapat menghilang, bukan itu aja. Bahkan ia bisa menghilangkan benda-benda disekitarnya, mulai dari jerawat yang bertengger di dahinya (gue rasa ini kekuatan yang mau di miliki semua perempuan) kemudian novel hingga bangku dapat ia hilangkan.

Kejadian makin runyam ketika ia dipaksa menghilangkan novel di hadapannya oleh si makhluk kurus itu yang nampak di cermin kamarnya. Saat itu ia belum yakin bisa melakukan seperti menghilangkan benda-benda itu. Jadi ia bersusah payah namun aksinya gagal, novel yang di perintahkan untuk dihilangkan masih teronggok manis di atas mejanya. Hingga sang makhluk merasa kesal dan mengancam akan melukai kucing kesayangannya apabila ia tak bisa menghilangkan  novel tersebut. Raih yang tersudut melihat kucing kesayangannya mengeong meminta tolong karena diserang serigala jadi-jadian yang tiba-tiba muncul di kamarnya itu tetap tak bisa menghilangkan apa yang di perintahkan. Dalam keadaan terdesak saat si serigala itu hendak menyakiti kucingnya ia malah menghilangkan serigala itu dari kamarnya. Merasa puas dengan apa yang telah di lakukan Raih, si makhluk kurus itu pergi dan berjanji akan kembali lagi untuk mengajarkan pelajaran baru pada Raih.

Tak cukup sampai disitu, saat sepulang sekolah terjadi kecelakaan dimana tiang listrik beserta kabel penuh aliran listrik hampir terhempas mengenai Raih dan Seli sahabatnya. Tak disangka Seli mampu meluluhkan para kabel berkekuatan penuh listrik itu dan menarik arus listrik ke bumi sehingga mereka berdua selamat dari sengatan listrik mematikan. Tak sampai disitu, tiang listrik yang rubuh bersiap menghantam tubuh mereka jika tak segera Raih menghilangkan tiang itu dengan segera. Merekapun akhirnya selamat. Tapi sayangnya Ali, anak laki-laki menyebalkan di sekolahnya melihat kejadian itu. Melihat Raih dan Seli mampu melakukan hal-hal mustahil di luar nalar manusia biasa. Bukannya terkejut, Ali malah membantu Seli dan Raih untuk keluar dari TKP sebelum orang lain mengetahui apa yang sebenarnya terjadi.

Mereka bersembunyi di aula, baru sesaat mereka mengambil nafas tiba-tiba datang segerombolan makhluk-makhluk aneh termasuk makhluk kurus yang muncul di cermin kamar Raih. Ia memaksa Raih untuk ikut dengannya terjadilah pertarungan sengit mereka bertiga dan setengah lusin makhluk antah berantah yang muncul lewat portal ajaib. Usaha ketiga anak lima belas tahun ini rupanya tak membuahkan hasil, mereka akan segera tertangkap karena kalah kekuatan dan kalah jumlah tentu saja. Saat mereka sudah tersudut datanglah Miss Keriting, guru matematika mereka yang super galak untuk menyelamatkan ketiga muridnya itu. Tak di sangka Miss keriting mempunyai kekuatan yang sama seperti Raih. Miss keriting alias Miss Selena ternyata tak cukup kuat untuk membendung kekuatan Makhluk kurus bernama Tumus itu. Miss Selena menyuruh mereka bertiga pergi melalui portal yang dibuatnya. Dan petualangan dan rahasia yang sebenarnya menanti mereka disana, dimana mereka memasuki dunia lain yang disebut bulan. So gimana kelanjutannya silahkan baca sendiri di bukunya Bang Tere Liye yang berjudul Bumi ini ya. Dan semoga nggak spoiler banget buat kalian yang belum baca.

#Onedayonepost

Comments

  1. Mantap, jadi inget lagi novel Bumi,

    Bulan dan Matahari ditunggu kak 😁

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Belum bacaaa....
    Eh keknya namanya Raib deh Bang Ian...

    ReplyDelete
  4. ini novel anak-anak bukan sih?aku pembaca tere liye juga, tapi belum baca yg ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. remaja kali ya, tapi asyik kok bacanya hahaha

      Delete
  5. Kalau aku baca di fanspagenya tereliye namanya Raib deh. Tak kira awalnya Raib itu kejadian eh gak taunya nama orang. heu heu

    ReplyDelete

Post a Comment