Museum Sandi Jogja


kuyy jalan sama aku
Selama beberapa bulan terakhir ini gue itu kan tinggal di jogja, dan sering banget nglewatin museum sandi ini. Nah kali ini gue coba beraniin masuk karena penasaran apa sih isi dari museum di jalan Faridan M Noto deket Masjid Syuhada. Masuklah gue, di sambut oleh mbak-mbak petugas yang ramah dan dijelasin rutenya gimana saat memasuki museum ini. Dijelasin sedikit tentang museum ini. Gue juga dikasih satu perangkat alat solat pembuat sandi  sederhana dn dijelaskan cara fungsinya dan asiknya boleh dibawa pulang. Asik banget kan jadinya bisa main kode-kodean eaa hahaha. 

Museum sandi ini terdiri dari dua lantai, lantai pertama berisi macam-macam sandi dan peralatan yang digunakan untuk membuat sandi tersebut. Sebut aja ada sandi chipper, sandi Sky tale, The Summarians, Cardan Grille dan lainnya.

Selain alat-alat yang digunakan ternyata ada loh mesin pembuat sandi yang bermacam-macam gitu. Bentuknya seperti mesin ketik tapi lebih sederhana. Dan ini berfungsi banget pada jaman sebelum kemerdekaan dulu. Dan sandi ini kala itu berfungsi banget untuk menyimpan pesan-pesan rahasia yang dikirimkan dari sabang sampai ke merauke agar semuanya mendapatkan pesan yang sama dan rahasia. Nggak kebayang deh dulu gimana ya perjuangan para kurir ini menjaga kerahasian arsip yang mereka bawa agar bisa sampai ke tangan yang berwenang. Sepatutnya nih Produser film dan pembuat sekenario membuat film tentang maa-masa itu yang peran utamanya pembawa pesan. Pasti seru deh ya. 










Museum nggak lengkap tanpa diorama ya


Para kurirpejuang 

Inilah salah dua mesin sandi


Brankas penyimpanan data rahasia

Para hokage, eh perintis persandiin di kementrian pertahanan

Ini dia bapak Dr  Roebiono Kertopati

Quotes of the day banget ya


Contoh surat rahasia
Setelah selesai menjelajah lantai satu, kita langsung aja nih naik kel lantai dua yang lebih banyak berisi foto-foto kala itu yang mengabadikan momen tempoe doeloe. Ada pula bapak sandi Indonesia yang diabadikan dalam etalase kaca berpa patung dan pernak-pernik lainnya, yang menjelaskan secara singkat siapa sih bapak Roebiono Kertopati dan kenapa beliau disebut-sebut sebagai bapak sandi Indonesia. Nah gue juga baru tahu ternyata untuk mempelajari sandi, ada sekolahnya juga loh. Salah satunya di jogja juga nih, yang bernama Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN).

AlamatJl. Faridan M Noto No.21, Kotabaru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55224
Jam buka
Sabtu
(Idulfitri)
09.00–15.00
Jam kerja dapat berbeda
Minggu09.00–15.00
Senin07.30–16.00
Selasa07.30–16.00
Rabu07.30–16.00
Kamis07.30–16.00
Jumat07.30–16.30

Comments