Layaknya lagu Tegar yang dulu sempat
populer, yaitu aku yang dulu bukan yang sekarang. Begitupun dengan KAI (Kereta
Api Indonesia) yang sekarang, sangat berbeda jauh dengan yang sekarang. Saat
kecil dulu, saya pernah naik kereta untuk pulang kampung. Dan itu adalah
pengalaman yang sangat buruk dan saya langsung kapok dan bersumpah tidak akan
menggunakan kereta api lagi. Bagaimana tidak? Kita harus berdempet-dempetan,
kepanasan, dan menghidu bau rokok yang menyengat dari para penumpang yang
perokok. Belum lagi pedagang yang hampir setiap saat lewat, menjajakan
dagangannya membuat makin tidak nyaman menaiki kereta. Sudah sesak, kita harus
bergeser-geser setiap mereka lewat. Belum lagi banyaknya pencopet yang
memanfaatkan momen desak-desakan seperti ini.
Nah bagi kamu pernah yang merasakan hal yang, sampai membuat kamu fobia. Kamu sekarang harus tahu lima perubahan KAI yang membuat fobia kamu berubah jadi cinta, begitu naik kereta.
1. Penertiban Penumpang
Kala itu mungkin kereta bisa saja
digunakan oleh siapapun, sekalipun bagi mereka yang tidak punya tiket. Itu-lah
kemungkinan salah satu penyebab yang menjadikan kereta menjadi sangat penuh.
Bahkan sampai-sampai ada penumpang yang berani naik diatas gerbong kereta, yang
pastinya mengundang celaka. Tapi saat ini pihak KAI sudah menertibkan hal itu,
jadi tidak ada lagi penumpang yang berdiri, semuanya sudah aman mendapatkan
tempat duduk. Karena semua penumpang wajib hukumnnya mempunyai tiket, bahkan
ada tugas boardingpass seperti menaiki kereta. Jadi para pedagang dan pencopet
pastinya sudah nggak bisa berkeliaran dengan bebas di gerbong kereta.
2. Pendingin Ruangan Yang Super DIngin
Pendingin ruangan adalah salah satu hal
yang sangat penting dalam kendaraan, apalagi bagi kita yang tinggal di negri
yang beriklim tropis seperti Indonesia. Terkungkung di kendaraan yang panas
dalam waktu lama pastinya akan sangat tidak nyaman, bisa berkeringat dan
menimbulkan bau badan. Jangan khawatir, karena semua gerbong KAI sudah
mempunyai fasilitas pendingin ruangan yang memadai, bahkan kamu bisa sangat
kedinginan. Kalau kamu merasa terlalu dingin bisa kok minta tolong untuk di
keciilkan kepada petugas yang setiap beberapa menit sekali berkeliling
memastikan kenyamanan para penumpangnya.
3. Tiket Yang Mudah di Dapat
Dengan perkembangannya tekhnologi, PT. KAI
juga nggak mau ketinggalan. Termasuk dalam ticketing, KAI sudah mempunyai
aplikasi resmi yang dapat di unduh pada telepon pintar kita. Jadi kita akan
sangat dimudahkan dalam pembelian tiket kereta api. Bagi yang tidak bisa
menginstal aplikasi ini ke teleponnya, bisa membeli tiket dengan mudah di
minimarket-minimarket yang sudah banyak menjamur ke pelosok desa sekalipun.
4. Di sediakan terminal Listrik
Bagi kamu yang nggak punya powerbank dan
takut baterai habis saat diperjalanan. Sedangkan kamu perlu menghubungi orang
rumah untuk jemput kamu saat tiba nanti. So
please dont worry, Karena pihak KAI mengerti betul kebutuhan para
penumpangnya. Terutama untuk hal kecil seperti ini. Di sediakan terminal
listrik yang bisa kamu gunakan, tapi kamu juga nggak boleh monopoli itu
terminal listrik ini sendiri ya. Ingat penumpang lainnya juga butuh, karena
hanya disediakan dua lubang terminal di setiap satu baris tempat duduk yang
bisa untuk empat atau enam orang penumpang(Untuk kelas ekonomi).
5. Sewa Bantal dan Selimut
Pergi perjalanan berjam-jam pasti kita
akan tidur ya di kendaraan, untuk kenyaman pasti kita akan persiapan bawa
bantal leher dan selimut. Tapi kalau kamu nggak mau ribet-ribet menambah beban
bawaan, kamu bisa sewa selimut dan bantal yang akan ditawarkan oleh para
Pramugara dan pramugari KAI. Untuk kelas bisnis selimut dan bantal ini
disediakan gratis, tapi bagi eksekutif dan ekonomi disewakan. Sewanya juga
nggak terlalu mahal sekitar 5000-10.000 rupiah aja, kamu bisa menikmati tidurmu
dengan nyaman.
Nah bagimana, betul kan Kalau KAI bukan
lagi yang dulu. Pasti deh makin cinta bepergian jauh dengan kereta. Oh iya
sampai lupa, menurut pengalaman mudik saya bulan puasa yang lalu, PT KAI
menyediakan makanan dan minuman gratis untuk penumpangnya saat berbuka dan
sahur. Duh pengertian banget kan PT KAI. Semoga ke depannya pihak PT. KAI
selalu melakukan inovasi terus menerus dalam memperbaiki pelayanan dan keamanan
bagi penumpangnya. Sehingga menciptakan perjalanan yang menyenangkan.
0 Comments