Buat Calon Mahasiwa/i & para mahasiswa/i yang lagi galau



Hei everybodihhhh…..
Lama vakum nih hehehe maklum lagi sibuk sama project novel third yang semoga aja tahun ini bisa kelar.
Hari ini gue mau posting tentang hal yang wajib diketahui sama para calon mahasiswa atau mahasiswa yang lagi galau hahaha..

Dari awal 21 temen kelas gue, sekrang jd tinggal 18, satu persatu gugur. Sedih deh rasanya padahal dulu kita janji bakalan wisuda sama-sama
Sekarang ini lagi masa-masa MOS entah apalah itu gue bersyukur selama gue sekolah dari SD sampe kuliah sekarang ini gak pernah namanya dapet MOS itu. Tapi dari selintingan kuping katanya, itu acaranya para senior yang menunjukkan taringnya mau nunjukkin “WHO THE BOSS HERE” isn’t it?? Hehehe….
But well just forget about the MOS ok, soalnya gue ngak akan ngbahas soal itu hari ini. Gue mau bahas kesiapan kalian para calaon mahasiswa untuk nglanjutin masa empat tahun kuliah yang bisa dibilang lama ataupun malah nggak berasa sama sekali.
Empat tahun itu bukan waktu yang cepet loh guys and girls, empat tahun ini bukan Cuma buat gaya-gayaan karena kalian menyandang gelar “MAHA-SISWA”. Tapi masa empat tahun ini kalian diminta pertanggung jawaban atas ilmu apa yang kalian dapet selama empat tahun itu.
Apa yang dapat kalian aplikasiin kemasyarakat secara sempit dan bagi tanah air ini secara luasnya (Bahasanya berat banget gak sih hehehe??? J ) dan waktu empat tahun ini akan sangat cepat berlalu-nya kalau kita nggak mempersiapkannya dari awal dan dari sekarang jugaa coba banyangin ajah baru masuk nih, terus kalian nutup mata tiba-tiba udah disemester lima aja pas buka mata!! Nah lohh ngeri kan kalo gituu..



ayo persiapin dari sekarang



SEMESTER PERTAMA
Ini dimana masa kita lagi onfire-onfire nya nih pengen banget kuliah, cita-cita kita kayaknya ada di depan mata banget. All seems so easy and you can reach up, tapi jangan terlena disini sayang, ini emang masih masa-masa pengenalan kalian sama bangku kuliah. Pelajarannya pun masih ecek-ecek belum terlalu ngjurus banget sama ilmu sesuai jurusan yang kita pilih.
Yang harus kalian persiapkan disemester ini, coba intip mata pelajaran kalian semester tiga empat dan seterusnya. U must be prepare it. Soalnya itu menyangkut dengan apa  yang akan kalian hadapin nantinya kedepan.
Karena pelajaran semester satu, sambil tutup mata kalian juga pasti ngertilah. Soalnya kebannyakan semester awal ini kita cuman dikasih mata pelajaran umum kaya matematika, bahasa inggris, PKN agama dan lain-lainnya. So yang perlu di inget jangan terlena!! Dan kuatkan niat kalian apapun itu niatnya kalian kuliah!!


semuannya tergantung niat!!
Semester dua
Ini masa-masa peralihan dari semester pertama ke sesmester tiga , pelajarannya pun masih terbilang mudah, tapi tugas dan presentasi di depan kelas udah mulai tinggi jam terbangnya.
Disini kalian udah mulai ngrasa sedikit lelah. Kalau yang niatnya cuman buat gaya-gayaan kuliah atau nggak serius sama kuliahnya, dijamin udah bakal kehilangan semangatnya dan lebih fatalnya bisa gugur. Yang perlu di ingat saat kalian berada disemester dua ini, its just beginning kalau kalian udah gak punya niat buat kuliah dan lebih seneng kerja just leave it.
Yupp gue saranin kalian mundur. Karena biaya yang kalian keluarin belum terlalu banyak apalagi yang belum nglunasin biaya pendaftaran hehehe…. Eh ini ciyuss loh ya!!!

SEMESTER TIGA
ada yang begini??
Ini semester keramat broo siss, disini pelajaran udah mulai ngjurus banget sama sesuai apa yang kita ambil. Tingkat kesulitannya udah middle-lah pertengahan.
Disini banyak anak-anak yang mulai ngrasa “kayaknya gue salah jurusan deh”. So itu gunanya gue nganjurin kalian disemester pertama buat ngintipin mat-kul anak semester atas.
Jadi biar kalian lebih siap, kepoin mata peljarannya. Kira-kira itu pelajaran kalian nguasain atau nggak dan apa bisa kita pelajarin dengan cepat. Soalnya kita kuliah guys, dosen bukan kayak guru-guru kita di smp atau sma apalagi SD yang sangat sabar ngjelasin dari awal lagi kalau kalian nggak tahu. Para dosen ini adalah Maha-guru, dia bisa datang seenaknya. Dan kadang ada dosennya yang nggak mau tahu loe ngerti atau nggak pelajarannya mereka, atau loe dasarnya pelajaran itu nguasain atau nggak.
Soalnya, kembali ke title kalian yang “Maha-siswa” itu, kalian udah dianggap mengerti akan dasar-dasarnya. Jadi mereka menganggap ilmu kalian itu udah tinggal nglanjutin. Bagus kalau yang abis masa high school-nya(SMA)  langsung nglanjutin ke kuliahnya lah kalo kayak gue yang udah dua tahun nganggur dulu, buat nyari duit buat kuliah! jangankan ngerti, namanya aja gue lupaa itu apaaa wkwkwk….

SEMESTER EMPAT
Ayyo liburan sebentar lahhh
Selamat buat kalian yang udah sampe tahap ini, tapi belum gue acungin jempol soalnya kalian belum melewati tahap ini. Soalnya semester ini gue bilangin bener-bener berat banget bro. disini lu udah menurun banget kepercayaan diri kalian buat nglanjutin kuliah.
Kayak kata mutiara “Hidup segan, Mati tak mau” nahh entu tuh, serem kali kannn!!!! Apalagi yang ngrasa salah jurusan!! Omaygattt, just go to sea (refreshing guys hehehe) beneran deh ini semester saklar buanget ehhh sakral maksudnya hehehe..
Disini mata pelajarannya berat banget dan godaan buat pengen nggak nglanjutin kuliah banyak banget. Dari yang ngrasa ram otaknya udah gak kuat lagi, lalu udah merasa lelah, atau malahan ada yang udah ngebet mau kawinn??? Adaaa!!
Jadi disinilah penentuan kalian para mahasiswa, bagi yang mampu nglewatin semester empat ini, niscahya kalian mampu melanjutkannya sampai diwisuda(Amin). Buat yang ngrasa udah lelah dan ngrasa salah jurusan, ini bukan waktu yang tepat buat nengok kebelakang guys. Karena kalian udah ada dipertengahan jalan. Sebentar lagi mau sampai finish masa kalian mau balik lagi ke start atau nyerah gitu ajah!! Coba ambil liburan pergi kelaut teriak sekenceng-kencengnya apa yang kalian resahin hehehe (beneran ini tips nya ampuh, dulu gue maki-maki dosen-dosen yang nyebelin dilaut sambil teriak-teriak) semoga ajah dosennya gak denger, berabe juga kalo tiba-tiba dy nongol dari aer hahaha J

Nah abis refreshing, berasa deh seger lagi kan! Yang masih kurang semangat, inget orang tua yang udah jerih payah membesarkan kita. Buatlah mereka bangga nak saat melihat kau di toga nanti J yang ngrasa salah jurusan, gak ada salahnya kita coba belajar menyukai peljarannya, coba gali lebih dalam, lihat sisi-sisi lainnya seoga dapet sisi yang kita sukai.
So kalau kita udah nemuin sisi yang kita sukai pastinya nggak akan berat lagi ngjalaninnya so cheer-up guys (intinya refreshinglah kemana gitu yang bisa nyegerin diri, balikin mmood karoeke bareng temen-temen itu juga okee), nah yang sulit lagi kalau masalah biaya nih guys hehehe, inget aja ada kemuan pasti ada jalan.
Banyak kok peluang usaha kalo kita jeli dan bertekad mau lulus kuliah. Pokoknya inget mantra ajaib “MAN JADDA WA JADDA” “Siapa yang Besungguh-sungguh maka DAPATLAH IA!!”.

SEMESTER LIMA-ENAM
Drumm rollll tetettengg..tettettettenggggggggg…….
Congratulation guys I love you so much hahaha, selamat kalian udah berhasil sampai ditahap ini. Gue acungin jempol deh buat kalian semua. Nah cukup seneng-senengnya, masa ini yang berat menurut senior gue itu ada pada ketidak hadiran dosen yang kebannyakan atau dapat dikatakan dosennya jarang masuk hehehe.. dan dasar pelajaran kita yang nggak kuat. Jadilah kita bakalan ngrasa berat dimata pelajarannya. Tapi apa yang telah kita lakukan dengan niat baik dan dengan tekad masa muda yang tinggi pasti kita bisa melaluinya semangat SEMANGAT!!!!! (maaf belom bisa terlalu detail solnya gue juga baru berhasil melalui tahap semester empat dan akan mulai semester lima hehehe)

SEMESTER TUJUH
Ini semester kita udah ada namanya KKP (Kuliah Kerja Prakterk) kalo ditempat gue ada juga yang nyebutnya PKL (Praktek Kerja Lapangan) disini kita mulai ngaplikasiin apa yang kita pelajaran selama tiga tahun kebelakang. Intinya gimana praktek dilpangannya. Pengaplikasiannya secara real di kehidupan sehari-hari kita. Dan kita diminta buat skripsi bayangan begitulahh

SEMESTER DELAPAN
Ini semester serius banget, kita harus nyeslesain skripsi kita penelitian kita dan diminta pertanggung jawabannya di siding skripsi. Di semester ini pula yang menetukan kelulusan kita, it’s a final countdown terereng terereng reng…..
Semester sakral juga nihh, kata senior gw mahh bimbinagnnya cuma tiga menit, nunggunya tiga jam hahaha kasian ya. terus ini waktunya kita ekstra begadang brooo nyusun skripsi siang malam dan berakhir di revisi. 
kalo dulu kita nyoret-nyoret seragam SMA pas lulus, baru kena batunya gmn rasanya skripsi-mu dicoret-coret dosen pembimbing.
 
·       Intinya nih ya inget niat kita kuliah itu apa!?? Kalau kalian niatnya mau ngbanggain orang tua! Prove it-lah!! Make them proud guys!!!
·       Harus yakin sama jurusan yang kita pilih!! (jadi harus siap apapun nanti yang ada di depan kita nanti, gak ada lagi kaliamat “kayaknya gue salah jurusan deh!” kita nikmatin aja sih prosesnya, toh segala yang di proses itu akan indah hasilnya liata aja mutiara indah kan?? mahal lagi!! terus noh yang lagi jaman batu-batuan yang dijadiin cincin, semuannya perlu di proses dengan keras dan menyakitkan dan hasilnya Alhamdulillah indah banget. so inget semua akan indah pada waktunya. Seenggaknya kita bisa punya cerita buat anak cucu kita nanti (Makasih buat om gugel yang nyimpen banyak foto ilustrasinya. dan yang buat foto ilustrasinya semoga bermanfaat buat kita semua)

 



Comments