5 Olahraga Yang Bisa Dilakukan Dirumah


Weekend memang selalu jadi yang paling banyak ditunggu, mulai dari anak sekolah maupun pekerja kantoran. Selain memang waktunya untuk beristirahat dari kesibukan yang padat seminggu kemarin serta mengembalikan pikiran yang mulai stress oleh pekerjaan yang menumpuk dikantor. Tapi kebanyakan dari kita, selalu menghabiskan waktu liburan weekend hanya untuk tidur-tiduran di kamar atau berleha-leha didepan tv.

Padahal tubuh juga butuh berolahraga agar tuguh menjadi bugar dan tidak kaku. Alasan yang bermacam-macam dari mulai malas keluar rumah dan mahalnya biaya sewa tempat kebugaran membuat kita malas untuk berolahraga.

Eitss, jangan nyerah gitu aja dong, ada kok olahraga yang bisa kita lakukan tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal dan yang lebih penting nggak perlu keluar rumah.Berikut kita kasih lima gerakan olahraga yang praktis dan berguna membentuk badan untuk kita coba dirumah besok :)


1. LOMPAT TALI
Lompat tali merupakan salah satu olahraga kardiovaskular yang paling mudah dan efektif. Sangat baik untuk membangun kepadatan tulang dan meningkatkan kemampuan badan secara keseluruhan. Tidak hanya berfungsi mengecilkan paha, namun juga lengan tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Lakukan aktivitas ini selama 60 menit untuk membakar kalori sebanyak  ±550. Perlatan yang dibutuhkan pun cukup beli saja jump rope yang murah meriah. atau kalau mau lebih irit beli karet gelang lalu susun deh jadi tali panjang. Bisa berolahraga sekalian nostalgia masa kecil dulu deh.

2. PUSH UP ATAU ANGKAT BEBAN
Kalau kamu ingin membentuk atau mengecilkan lengan, gerakan Push up ataupun angkat beban akan sangat berguna membangun otot trisep dan bisep. Tidak hanya itu, push up juga bermanfaat menguatkan tulang belakang dan bahu. Bagi pemula, sebaiknya lakukan push up dengan cara bertumpu pada dinding dengan posisi berdiri, ataupun meja. Pastikan kamu mengerjakannya di saat perut kosong agar tidak merasa mual. Sedangkan untuk Angkat beban (weight lifting), kamu bisa membeli barbel di pusat peralatan olahraga terdekat. Mulailah secara bertahap, mulai dari beban seberat 1,5 kilogram dan jika telah terbiasa Anda dapat menambah hingga 3 kilogram.jangan cuma ngangkat beban hidup aja yang sering dilakuin, emangnya situ gak cape hehe..

3. SIT UP DAN BACK UP
Bagi Kamu yang ingin membentuk otot perut yang lebih kencang hingga six pack, lakukan gerakan Sit Up dan Back Up. Sangat baik untuk dilakukan pada saat bangun tidur ketika perut belum terisi makanan. Lakukan sit up hingga dua puluh kali secara teratur untuk mengurangi perut buncit sedikit demi sedikit. Sedangkan Back up, sebagai kebalikan dari gerakan Sit up, dilakukan dengan cara tengkurap dan menggerakkan bagian atas tubuh ke atas dan ke bawah. Mintalah bantuan orang lain untuk menahan kaki Anda sehingga lebih mudah untuk melakukannya. Melakukan Sit up dan back up selama 60 menit dapat membakar kalori hingga ±260. Buat para jomblo jangan pada baper yah kalau nggak ada temen buat bantuin olahraga, ada kok itu kayuranjang buat nahan tubuh kamu (puk..puk..pukk..)

4. NAIK TURUN TANGGA
Jika kamu memiliki rumah bertingkat, keberadaan tangga bisa dimanfaatkan sebagai media olah gerak. Meski melelahkan, namun gerakan sederhana ini dapat meningkatkan metabolisme badan, membakar kalori, dan meningkatkan aliran darah serta detak jantung. Otot kaki kamu juga lebih kuat sehingga meningkatkan kekebalan nyeri sendi dan kram kaki. Nah kalau ini yang dikantornya gak punya lift, bisa dicoba setiap hari. Atau you can say no to lift and start to use stairs :)

5. PILATES ATAU AEROBIK
Tidak perlu mendaftar di klub kebugaran untuk mendapatkan latihan Pilates dan Aerobik. Anda cukup membeli DVD pilates atau aerobik yang dapat dilakukan dirumah(Download di youtube-pun bisa untuk lebih menghemat biaya). Siapkan karpet (mat), pilates ball, dan kenakan pakaian yang nyaman untuk mengikuti instruksi yang ditampilkan. Tidak hanya berguna melatih fleksibilitas, namun juga kekuatan, daya tahan dan koordinasi antar kaki, perut, tangan, dan lengan. Untuk pilates, aktivitas yang di lakukan selama 60 dapat membakar kalori hingga ±200 dan untuk tingkat advanced hingga ±350 kalori.


Nah, gampang dan murah meriahkan.Jadi nggak ada alasan lagi untuk kamu terus tiduran dikasur yang membuat tubuh kamu semakin lemas. so besok mau coba yang mana dulu nih?? atau satu lagi nih yaitu lari dari pada lari dari kenyataan terus atau lari dari mantan nggak guna ya kan..


#Onedayonepost #setiapharimenulis

Comments