Sejarah singkat nama Google







Saat ini tak bisa di elakkan lagi kita benar-benar membutuhkan satu search engine bernama Google ini. Bahkan masyarakat Indonesia khususnya memberikan gelar Mbah kepada google, sehingga terdengar bak dukun atau paranormal. Memang Mbah Google ini ajaib, serba tahu! Tinggal ketikkan apa yang kita cari dalam sekejap dia bisa menampilkan apa yang kita mau(dengan kondisi punya quota dan ada sinyalnya). Bahkan sekarang terobosan terbaru Mbah Google kita cukup mengatakan ‘Oke Google’ ditambah apa yang kita ingin ketahui kita bisa langsung mendapatkan jawabannya tanpa perlu mengetik.

Namun sebenarnya apa sih arti google tersebut?? Menurut kamus oxford kata google ini sudah mempunyai kosakata sendiri, di dalam kamus tersebut mendefinisikan google sebagai mesin pencari di internet untuk menemukan sebuah informasi.
 
Sejarahnya dulu sang pencipta google Sergey Brin and Lawrence Page pada tahun 1996, memberi nama penemuan mereka dengan nama backrub. Namun kedua mahasiswa Universitas Stanford itu masih belum merasa klop dengan nama backrub tersebut, sehingga mereka terus mencari nama yang cocok dan dapatlah mereka nama Googol, guru matematika atau matematika lovers pasti familiar dengan kata googol ini, yang artinya 10 pangkat 100. Coba saja hitung 10 pangkat 100 itu hasilnya berapa?? 

Backrub yang dikembangkan oleh Larry Page dan Sergey Brin ini sedikit unik. Karena mereka menggunakan metode pencarian berdasarkan alogaritma matematika untuk meranking halaman situs. Lantas, mereka pun menggunakan penelitian tentang search engine ini sebagai tesis mereka.

Jadi menginspirasi dari kata googol ini, yang berarti bilangan 10 pamgkat seratus sesuai dengan visi misi penemuan mereka yang akan memberikan informasi bukan hanya seratus tapi 10 pangkat seratus, waduh bahkan pasir di pantai aja nggak nyampe segitu.

Larry Page dan Sergey Brin
Namun namanya juga manusia, ada kalanya khilaf. Yah walaupun sekelas penemu macam mereka, merekapun bisa salah menulis ejaan googol menjadi google. Nasi sudah menjadi bubur dan terlanjur terkenal nama google tersebut, yah walaupun salah namun nama itu sudah dipatenkan, terbukti sudah masuk ke dalam kamus oxford ya kan. 

Itulah sedikit pembahasan singkat tentang asal usul kata google sebuah mesin pencari paling terkenal di dunia saat ini yang sering kita gunakan untuk mencari sebuah informasi.

#OneDayOnePost

Comments

  1. Waw. Baru tahu saya... Hehe

    ---
    Maaf Kak, sekalian numpang promo. :D

    USIA BELUM TUA TAPI RAMBUT SUDAH MEMUTIH?
    ITU RAMBUT APA BIHUN?

    Baca selengkapnya di http://rambut-mu.blogspot.co.id/2016/10/cara-menghitamkan-rambut.html

    ReplyDelete

Post a Comment