Perjalanan Ngerjain KKP - Bab Dua


Halo semuanya, akhirnya gue bisa bangkit dari kubur setelah dua hari yang cukup menyiksa gara-gara sakit paket lengkap (Radang, Batuk, pilek, demam dan pusing) yang katanya sih lagi musim. Masa-masa sakit kayak gini itu paling menyedihkan buat kami para kaum perantau ditambah status jomblo. Karena nggak ada yang merhatiin atau semacamnya.

Pernah sekali-kali waktu dulu sakit semacam ini jugalah, dan waktu itu bener-bener sendiri ngontrak. Tetangga pun kanan-kiri lagi kerja jadi nggak ada yang bisa diminta tolong atau apapun. Apalagi rasanya pas sakit tuh kayaknya pengen mati aja gitu biar cepet, apalagi pas demam gitu kan badan sampe make jaket berlapis-lapis + selimut. 
Muka udah pucet banget, bibir kering, badan gak sanggup gerak lagi dan saat ini inget banget ngompres diri sendiri.

Yah gitulah sedih kalau diceritain mah kalau jadi anak rantau yang jauh dari keluarga.


Suasana pepus Nyi Ageng Serang
Lanjut ke judul kali ini gue akan bahas tentang kelanjutan bagaimana sih bab dua dalam KKP itu, jadi untuk tahun ini di bab dua, masih sama seperti bab sebelumnya, yaitu tentang pengertian-pengertian serta sumber-sumber dasar yang yang berhubungan judul KKP kita, contoh punya gue kann "Analisa Sistem Informasi Laporan Nilai Akhir pada SMA KOSGORO Tangerang" jadi tugas kita menjabarkanlah pengertian Analisa itu apa, sistem itu apa informasi apa dan seharusnya. Pengertian bukan sembarangan pengertian loh. Itu semua pengertian harus bisa dipertanggung jawabkan semuanya. Jadi kita harus mencari Pengertian tersebut dari buku dan payahnya lagu buku yang boleh dipakai adalah buku yang keluar sepuluh tahun kebelakang. Maksudnya mulai dari tahun 2007 sampai 2017 tahun terbitnya. Jadi misal buku tahun 2006 ke belakang itu gak boleh dipakai sebagai buku pegangan.

Perpus Cikini atau TIM(Taman Ismail Marzuki)
Mulailah kita kelimpungan nyari buku yang berkaitan dengan judul kita. Beruntungnya gue punya senior yang baik, bang dhani namanya dia minjemin buku dia yang dia pakai tahun lalu buat gue jadi gie bisa bernafas lega nggak perlu beli buku lagi hehehe. Tapi dari dua bukunya yang dia kasih ke gue, gue masih butuh banyak referensi jadilah gue dan cs kentel gue mas tulus muter-muter kota jakarta buat nyari perpus.



Mulai dari perpus TIM yang baru buka jam sepuluh dan agak kecewa ternyata koleksinya sedikit dan kurang lengkap, sampai kita muter-muter nyari perpus lainnya yang berada disekitaran situ, dari google maps sih ada perpustakaan freedom tapi setelah nyari pelan-pelan malah kita nyasar dan malah ketemu perpustakaan Nyi Ageng Serang yang letaknya bener-bener nyempil di pinggir gang.

Dan Alhamdulillah dapat sih buku yang kita mau disana tapi sayang tahunnya nggak memungkinkan untuk runukan lagi. Kebanyakan buku tahun 2004, tapi setelah diubek-ubek lagi akhirnya dapet beberapa buku. Yang lumayan buat referensi jadilah kitaendekam disana meneliti buku itu cocok nggak buat kita dan foto-foto bukunya (foto orangnya juga sih mumpung) karena kita nggak bisa minjem buku itu, soalnya kita bukan memberi dan bukan ktp jakarta pula sehingga kita nggak bisa jadi memberinya. Sangat disayangkan banget ya buat perpustakaan kebanyakan member-nya harus punya ktp Jakarta 😢😢 jadi pupuslah harapanku. Suasana cozy dan nyaman di perpus Nyi Agent Serang enak banget buat ngerjain KKP jadi nyesel tadi nggak bawa laptop. Tapi sayangnya AC-nya kurang dingin, beda sama yang di TIM ac-nya full tapi bukunya dikit.

Tadinya sih pengen ke perpustakaan Negara yang disebelah balai kota itu tapi entah kenapa belum selesai direnovasi sampai sekarang, padahal terbilang lama juga loh itu di renovasi ada kali setahun lebih. Temen-temen sing ngajak ke perpua UI, tapi unfortunetely(aduh bener kagak nih nulisnya?) gue sama temen-temen cuma bisa hari minggu. Dan di  UI hariinggu perpusnya tutup. 😟😟


Saat muter-muter jakarta karena nyari perpustakaan gue ngrasa benar-benar menjadi mahasiswa seutuhnya wkwkwkwk 😁😁😁

Ya begitulah di bab dua bukan hanya pengertian tentang itu aja, tapi ada tentang diagram-diagram. Yang akan kita pakai di bab empat nanti. Jadi intinya bab dua ini adalah dasar atau fondasi kita di bab empat.

So begitulah perjalan saya di ban dua ini, tingkat kesulitannya ada di buku referensi, so dari sekarang yang tahun depan KKP bisa nyari buku dari sekarang. 😃😃

Comments

  1. Semangat mas tian.....moga cepet selesai ya dan sukses

    ReplyDelete
  2. Semangat mas tian.....moga cepet selesai ya dan sukses

    ReplyDelete
  3. Yuhu.. semangat membara kembali datang mas.. Ayo semangat, semoga lelahnya jadi lilah.. aamiin..

    ReplyDelete

Post a Comment