Tips Memilih aquarium dan seperangkatnya





Cantikkan aku punya aquarium
Aduh kangen kali blog, setelah berminggu-minggu nggak nulis diblog itu rasanya ada yang kurang. Tapi kesibukan buat revisi bab empat KKP ini yang paling urgentlah. Soalnya Insya Allah Akhir bulan atau awal bulan depan udah mau sidang KKP. Apalagi entah kenapa akhir-akhir ini jadi gampang sakit, setelah kemarin sempet tepar tiga hari karena sakit paket lengkap. Kemarin malem malah muntah-muntah nggak karuan. Paling benci kalau sakit sampai muntah-muntah segala, asam lambung yang naik itu nggak enak banget di tenggorokan dan idung. Panas-panas gimana gitu, kalau kata orang sih emang lagi musim sakit. Ditambah lagi sering tidur diatas jam dua belas malem terus pulang-pergi ke tempat kerja juga sering keujanan. Jadi macam inilah, hari ini gue sukses kena masuk angin, tapi gue seneng masuk angin jadi ada alasan yang kuat buat gue nggak mandi pagi hari ini. 

Udah taukan airnya dingin banget kalau pagi karena semalaman hujan deres, empok gue sampe geleng-geleng kepala ngliat gue berangkat kerja nggak mandi. Dia bilang gini “malu yan, ganteng-ganteng jorok gitu nggak mandi” sambil ngulek sambel.

“Nih ya, di dunia ini nggak ada yang sempurna. Kesempurnaan itu hanya milik Allah semata, Makanya tian nggak mandi. Kenapa? Soalnya Tian udah ganteng, pinter(ngibul) masa ditambah bersih dan wangi. Itu terlalu sempoa, eh sempurna maksudnya! Jadi makannya Tian Jorok biar sengaja nggak sempurna. Biarkanlah Allah tetap yang menjadi sempurna” jawab gue sambil kabur berangkat, sebelum kena cobek melayang.

Udah gitu di ODOP ada dua tugas kan yang belum dikerjan dari Mas Tamvan dan Mamak Syantik syalalala Dewie Dean. Jadi sekarang mau ngerjain yang mana dulu yah?? Enaknya sih nggak ngerjain dua-duanya. Okelah karena ada istilah Ladies First so, gue mau ngerjain tugasnya dari Mas Trans, buat Artikel tentang Ikan. 

Gimana ya mulainya?? Okeh intinya gue suka ikan hias, Udah selesai gitu aja kan??? Wkwkwk sebelum dilempar pakai gayung sama mas tamvan, baiklah sekarang gue tulis dengan judul tetong-tetong(Doraemon backsound) “Tips Memilih aquarium dan seperangkatnya”.

Ikan adalah makhluk air seperti yang kita tahu, kalau didarat berarti ikan darat. Bukan Ikan Indosiar apalagi ikan, you knowlah yang lagi viral itu. Kita pasti sering lihatkan aquarium yang isinya ikan cantik-cantik kesana-kemari, maju-mundur cantik. Apalagi ditambah dekorasi aquariumnya yang keren dengan dan bikin adem rasanya. Yap begitulah menurut penelitian memang melihat ikan mondar-mandir itu merileksasi kita secara nggak sadar. Bahkan banyak rumah sakit yang menaruh aquarium di lobby utama karena alasan tersebut.

Buat para newbie yang suka sama ikan pasti seneng banget nih kalau baru beli aquarium, beli pasirnyalah, tanamannyalah, beli hiasan yang lucu-lucu, beli ikan segala rupa. Tapi tiga hari kemudian atau bahkan beberapa jam kemudian satu persatu ikannya pada mati. Tanamannya menguning mending kalau padi yang menguning bisa dijadiin beras, lah ini tanamannya menguning berarti mati tanamannya.

Nah buat menghindari kerugian yang besar karena beli macam-macam dengan niatan untuk mempercantik aquarium i will give you some advice.

1.       Aquarium
Yuppp...yuppp... yang pertama harus kamu siapkan atau beli adalah aquariumnya itu sendiri. Sebenernya kalau buat sendiri lebih murah loh, tinggal beli kaca terus dipotong-potong sesuai selera lalu dilem deh. Satu aquarium siap jadi milik anda, yang perlu diperhatikan adalah ukurannya. Harus tau dulu mau ditaruh dimana itu aquarium, jadi biar nggak terlalu besar atau kecil. Jangan sampai beli aquarium ukuran satu meter kali setengah meter untuk kosan yang lebarnya hanya 3x3 meter, heloww lu mau tidur di aquarium emangnya?? Jadi sesuaikanlah dengan ruangan yang ada. Dan peletakannya juga harus ditempat yang mudah dijangkau, karena aquarium ini butuh treatment macam dikuras yang menghabiskan tenaga dan pasti akan becek-becekan. Kalau bisa deket pintu atau kamar mandi biar gampang kalau suatu waktu akan dikuras.

2.       Ikan
Yang kedua pasti sakit banget nih, wkwkwk. Serius okey, yang kedua pastinya ikannya dong. Nah untuk pemilihan ikannya ini biasanya para new bie asal comot aja yang keliatannya bagus mana. Yang perlu diperhatikan adalah ukuran ikan tersebut harus sesuai dengan ukuran aquarium. Kedua jenis ikannya, harus tanya sama abangnya nih kalau mau beli ikan yang akan dicampur dalam satu aquarium. Soalnya ikan itu ada yang galak sama yang kalem, jangan sampai beli ikan yang galak sama yang kalem dicampur. Karena akibatnya adalah penyesalan. Si kalemnya akan jadi compang-camping karena digigittin sama si ikan yang galak.

Jadi kalau mau beli ikan yang galak, usahakan beli ikannya yang galak semua. Biar gak ada yang di bulli, so stop bulliying pada ikan. Saran untuk yang pemalas buat ngurusin aquariumnya(walaupun biasanya sih awal-awal rajin banget ngrawat, akhir-akhirnya bablas angine) jangan pilih ikan jenis ikan mas. Walaupun ikan mas bentuknya banyak yang lucu, tapi ikan mas itu jenis ikan yang produktif dalam buang air besar, jadi pasti akan cepat kotor aquariumnya. Apalagi kalau nggak pakai filter. Lebih baik piara ikan cupang, tapi sayangnya cupang galak dan gak bisa dicampur dengan ikan lainnya.

3.       Hiasan
Hiasan itu sebagai pemanis di aquarium, mulai dari pasir atau batu yang warna-warni, terus ada patung-patungan yang bisa nyemburin air sampai air terjun boongan yang buat kamu ngiler sambil berkata “aku nak yang itu, aku nak yang itu”(monyet mode on). Ada lagi tanaman-tanaman hidup yang kayaknya seger banget gitu keliatannya. Pilihlah hiaan dengan bijak untuk hiasannya ini, jangan sampai banyak hiasannya sampai ikannya susah bergerak kesana-kemari. Untuk tanaman hidipnya pun butuh orang-orang yang telaten agar tanaman itu bisa bertahan hidup. Karena biasanya akan dibutuhin pupuk cair  atau semacamnyalah.

4.       Alat Penunjang
Nah yang ini sebenarnya sangat penting, harusnya ada diurutan kedua. Tapi karena baru keinget jadilah diurutan ke empat. Alat penunjang standar adalah filter, atau bisa digantiin sama pasir biar kotorannya mengendap dibawahnya. Atau campuran keduanya lebih bagus malah. Oksigen, biasanya sih gitu orang bilangnya. Ini alat yang wajib deh kayaknya kalau mau miara ikan mas, soalnya ikan mas itu rapuh kayak aakhuhh. Jadi dia butuh oksigen
lebih banyak. Atau biasanya dibilang gelembung.


Nah sekian dari saya untuk tipsnya kali ini semoga bisa membantu temen-temen semua yang baru punya niat untuk beli aquarium. Ataupun yang udah punya ya nggak apa-apa sih dibaca aja :D


#ODOP
#TantanganArtikelIkan

Comments

  1. Ya Allah bang ian.. Jorok yaaa, kagak mandi...

    ReplyDelete
  2. Haha... mandinya pake air hangat Bang Ian

    ReplyDelete
  3. Gak usah mandi mas ...
    'EMAN' (sayang) kalau berat badan kita berkurang,
    Debu yang nempel kulit kan bisa nambah berat sekian gram/ons .. hehehe

    ReplyDelete

Post a Comment