Event Reports Workshop Blogging : Hobi dan Profesi





Minggu pagi suatu hari sakral untuk bermalas-malasan sebelum kembali ke hari senin yang.....gitulah pokoknya. Tapi minggu pagi kemarin, gue udah berkutat sama mbak-mbak waze buat gue ajak jalan ke daerah warung buncit jakarta selatan. Yupp gue ada acara yang sangat penting sehingga gue harus ngrelain waktu hibernasi gue buat jalan keluar. Sebuah event yang baru gue tau acaranya, empat hari yang lalu dari instagram akunnya kang @saidnr nggak pernah ketemu sih sebelumnya, Cuma kenalan di instagram saling like ajah. Oek kita flashback ke sebelum acaranya, gue ini kayaknya peserta yang paling cerewet deh soalnya di dua hari sebelum hari H gue tanyain ke panitianya nama gue ke daftar gak sih??? Soalnya limited seat gitu kan, makannya gue harap-harap cemas. Pertama gue tanya katanya naman gue nggak ada, belum terdaftar. Padahal gue udah isi formulir via google form, mungkin ada error jadi data gue nggak kesimpen, emang waktu gue daftar kemarin itu sinyal kurang memadai. Jadilah gue daftar ulang dan besoknya gue tanya lagi nama gue udah ke daftar belum? Dan apa masuk list yang ikut? Tapi gak dibales, tambah ketar-ketir dong gue apalagi temen gue yang satu udah dapet respon kalau dia udah dapet undangannya. 

Yaudahlah mungkin belum rezeki, gue ikhlas. Berarti hari minggu ini memang waktunya gue buat hibernasi. Berselang dua jam kemudian ada wa dari nomer asing, yang menyatakan gue terpilih buat ikut acara kece ini. Yuhuuu asikkan makannya kemarin gue terjebak disana bersama para blogger, calon blogger dan orang-orang kece badai hahaha. 

Dengan Narasumber Mbak Ani Berta seorang Blogger yang bisa menghasilkan lebih dari cukup, kelebihan malah. Bahkan beliau pernah dibayar sehari Rp 1500.000 selama tiga bulan bisa dibayanginkan banyak duitnya? Hahaha yaudahlah nggak usah dibayangin. Nah dari Mbak Ani Berta ini ada beberapa keyword yang gue ambil apa makna dari seorang Blogger itu dan bagaimana menjadi blogger yang sukses itu.

1.       INDEPENDENT
Seorang blogger adalah seorang yang independent, mereka nggak terkait penerbit, media atau lainnya. Jadi seorang blogger ini mandiri nggak ada yang bisa mengikat kita. So seorang blogger bisa menuliskan apa aja, bebas karena blog kita sendiri. Kita pula yang menentukan content-content yang ada di dalamnnya. Intinya bebas berekspresi, jangan ikut-ikutan kalau bisa buat sesuatu yang beda dan unik.

2.       PASSION
Passion yang artinya gairah atau kegemaran, seorang blogger harus punya passion untuk menentukan arah blognya mau dibawa kemana. Misalkan kita suka banget sama yang namanya mancing, kita bisa nulis tentang kiat-kiat memancing, spot-spot yang bagus buat mancing dan lainnya. Beda lagi kalau yang gemar dandan bisa bikin tutorial make-up. Dan lain sebagainya. Kalau kita sudah tahu passion kita dimana? Kita sudah punya pasar yang tepat untuk memajukan blog kita tersebut nantinya. Bismillah aja ya viewer blog kita udak berratus-ratus bahkan ribu, maka nggak menutup kemungkinan blog kita akan dapat sponsor alias iklan atau tawaran review produk yang pasti ada bayarannya.

3.       KONSISTEN=ISTIQOMAH
Yupp apapun yang kita lakukan kita perlu konsisten jangan angin-angin atau anget-anget tai ayam kalau kata pepatah. Cuma karena lagi kekinian aja jadi kita buat yang seperti itu, seminggu kemudian kita mundur. Kalau dalam islam konsisten ini disebut istiqomah. Istiqomah atau konsisten ini adalah yang paling berat, perlu pengorbanan harta, waktu dan lain sebaginya. Tapi akan berbuah manis kok hasilnya, ya contohnya Mbak Ani Berta ini. Beliau ini kan nggak serta merta langsung dikenal orang, nggak langsung terkenal dan banyak yang minta di review. Beliau punya prosesnya sendiri, begitupun orang-orangterkenal lainnya. So nikmatin aja prosesnya, Karena yang namanya Istiqomah ini memang berat serta bikin lelah, kalau mau yang ngak lelah itu namanya istirahat.

Nah segitu dulu yah event report kali ini, semoga bermanfaat dan terima kasih banget buat panitai Rapzone ID, Republika, Mbak Ani Berta, Komunitas ISB(Indonesian Social Blogpreneur) dan teman-teman baru semoga tetap keep in touch yah hehehe.

Comments