Filosofi dalam Iklan AXE

MS Wijaya
7

 

Tadi pagi pas lagi suntuk banget, karena pagi-pagi udah diminta si Bos buat nerjemahin profile coach dari English ke bahasa Indonesia. Pakai google terjmahpun nggak banyak bantu karena tatanan bahasanya yang ancur banget. Yaudah biasanya gue sih langsung nyetel lagu mashup di youtube buat ngilangin suntuknya. But something happen, you know-lah sekarang youtube itu jadi salah satu media periklanan di zaman yang serba apa-apa pakai internet. Makannya televisi udah banyak ditinggalin sama orang-orang terutama oleh anak-anak milenium tahun 2000-an mereka sekarang lebih banyak hijrah ke platform Youtube yang bagi mereka lebih asik daripada saluran televisi saat ini(dan emang kayaknya kualitas acara di TV jadi menurun menurut gue untuk saat ini). 

Jadilah Youtube yang nggak mau ketinggalan untuk memanfaatkan perubahan tersebut membuat iklan-iklan untuk pemasukan kas perusahaan mereka. Nah kalau biasanya lihat iklan-iklan biasa langsung gue skip setelah lima atau sepuluh detik gitu tapi hari ini nggak. Gue bela-belain nonton itu iklan yang berdurasi 11 menit lebih 29 detik. Sebenernya gue mikir juga itu iklan apaan sampe sebelas menit!! Itu Iklan Axe, ituloh semprotan buat cowok biar wangi. Ini bukan endorse ya soalnya gue juga nggak pakai produk ini. Dan gue orangnya paling males make yang ribet-ribet kayak parfum, kecuali mau ketemu someone special atau acara-acara penting sama jumatan. 

Oke apa yang buat gue merelakan waktu sebelas menit itu buat nonton iklannya itu, yaitu pertama Iklannya bukan iklan biasa. Dunia periklanan Indonesia sudah makin cerdas, nggak hanya langsung plek nawarin barang yang dia jual. Mungkin sudah belajar dari negara tetangga yaitu Thailand yang kalau buat iklan selalu keren sampe bikin nangis-nangis segala.

             Sebenernya ini udah lama sih Axe ngadopsi bikin iklan secara softsell macam ini karena awalnya gue udah pernah liat dari yang pertama chico jerrico untold part pertama , Cuma selalu gue skip pas dipertengahan karena agak boring, tapi di season finalenya gue kayak tersihir gitu kata-kata yang diucapin itu keren banget. Apalagi kayak sedikit ngbahas tentang Babad Ngalor Ngidul-nya Elizabeth D Inandiank seorang wartawati perancis yang memutuskan untuk menetap di Yogya. Itu salah satu point yang gue suka, diawal video kita ddisuguhin pemandangan sunrise yang keren dari borobudur. Sinetografinya keren banget sumpah, seandainya sinetron secakep ini sinetografinya. Pertanyaan awal yang buat gue nggak klik skip sekaligus buat gue nerusin ini iklan sampai abis yaitu diucapin sama Arifin Putra yaitu “lu pernah mikir nggak sih abis ini kita akan kemana?” itu pertanyaan yang dalam kalau menurut gue. Dan buat gue berpikir apa yang akan gue lakukan selanjutnya di hidup gue?? Setelah ini dan setelah itu. Ini gue rangkum kalimat-kalimat keren yang ada di iklan Axe. Acungin jempol buat orang-orang dibalik pembuatan Axelerate Series ini buat pask sutradara Angga Dwimas Sasongko, buat penulis scriptnya M. Irfan Ramli dan cameramen beserta krunya angkat empat jempol buat kalian. di tunggu seri lainnya ya yang lebih keren.

“Ternyata semua perjalanan ini justru membuahkan kita ke sebuah pertanyaan baru. Kata orang, mereka yang berhasil menemukan dirinya, butuh menemukan sesuatu yang lebih besar untuk terus merasa hidup.”
“selalu ada bagian-bagian tersembunyi dalam hidup, bagian-bagian yang hadir untuk menggenapkan”
“Memilih untuk terus mencari artinya, memilih untuk selalu siap terkejut. Karena hidup selalu penuh kejutan.” (Arifin Putra)

“Yang namanya bencana, ialah dimana kita tak bisa lagi memahami bahasa alam”
(Elizabeth D Inandiank)

“Memahami datang dari pilihan menjadi peka, mau mendengar tanpa memaksakan kehendak. Memahami kehidupan sama seperti mendengarkan kata hati, bukan hanya di dengar tetapi harus dirasakan.”
(Chico Jerico)

“Mencari kebahagian selalu seperti berjalan di jalan panjang tanpa ujung, Dengan begitu kita harus terus bergerak, harus terus melewati kemungkinan dan menemukan jawaban atas semua pertanyaan.”
(Keenan Pearce)

“Kita tidak bisa jadi bahagia kalau kita tidak bikin orang lain bahagia.”
(Elizabeth D Inandiank)

“Harus tersesat dulu supaya menemukan diri sendiri. Tersesat dalam arti hidup kita harus betul-betul tersesat dan hancur sampai kita lahir kembali.”
(Elizabeth D Inandiank dikutip dari Serat Centini)


“Ada kalanya seseorang harus pergi jauh dari dirinya, untuk menemukan perjalanan.  Mendapatkan apa yang sesuai dengan dirinya, dan menjadi alasannya untuk berbahagia. Mereka yang mencari pasti menemukan.”
(Della Dartyan)
Itu kata-katanya filosofis banget gila, gue rasa kata-kata itu semua nggak perlu di jelaskan secara panjang lebar. Karena itu sudah benar-benar jelas. Tinggal kita pribadi memaknainya dalam hidup ini, so how about you guys???? Let me know what you thoght About this!!

Tags

Post a Comment

7Comments

  1. So inspiring.... keren pake banget tulisan ini...

    ReplyDelete
  2. Bener bang ian, kata katanya baguuus...

    ReplyDelete
  3. kata mas arifin putra itu, mengena banget untukku mas

    ReplyDelete
  4. Kata-katanya berat... Filosofis deh...
    Iklan-iklan rokok yang tayang malem juga kata-katanya bagus :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk iya sih emang, tapi kadang gak relate ya

      Delete
Post a Comment