Kaizen - Berubah Menjadi Lebih Baik

Kaizen
Pernah denger kata itu? Nggak pernah? Sama, ini juga pertama kalinya gue denger kata itu dari dosen gue. Dan langsung gue cari itu lebih jelasnya tentang kaizen. 

Kaizen ternyata adalah seperti sebuah motto hidup orang-orang jepang sana. Yang terdiri dari gabungan dua kata, kai yang artinya berubah dan zen artinya baik. Jadi kalau mau digabungkan kaizen berarti perubahan yang baik atau merubah menjadi lebih baik. 

Dulu
Itu sebuah konsep yang banyakdianut perusahaan-perusahaan dijepang. Maka tidak heran kalau bangsa jepang lebih maju.

Sekarang
Coba kita kilas balik ke tahun 1945 saat itu kita baru merdeka dari penjajahan. Baik dari jepang maupun belanda. Kita (bangsa Indonesia) dan bangsa jepang sama-sama merintis kejayaannya pada masa itu. Tapi  keadaan kita masih jauh lebih baik, dibandingkan dengan Jepang yang luluh lantak karena dibom oleh Amerika.

Lalu kita lihat saat ini, jelas kemajuannya diantara dua negara ini terlihat lebih maju bahkan kita jauh tertinggal oleh mereka. Mengapa demikian? Ya salah satunya kaizen ini. Dimana bangsa Jepang menerapkan Kaizen, disini kaizen tidak berkata pada perubahan yang dilakukan secara besar-besaran. Tapi perubahannya kecil namun berkesinambungan. Tak peduli sekecil apapun itu, asalkan terus menerus dilakukan secara continues. Namun bagi Bangsa Indonesia sendiri, kebanyakan perubahan ya harus secara besar-besaran baru bisa dibilang perubahan.

Coba deh kita terapkan kaizen di dalam kehidupan kita sehari-hari. Bismillah pasti kita akan sukses. Terutama kalau kita yang mau menjadi lebih baik, dalam hal apapun itu. Karena perubahan/berubah nggak bisa terjadi secara instan. Semua butuh proses yang menyulitkan, apalagi kalau itu seperti menghilangkan kebiasaan buruk yang telah tertanam dalam diri kita.

Asalkan ada niat kita tentu bisa menjalankannya. Dicicil dari yang paling kecil lalu bertahap. Ya karena perubahan kecil akan menjadi perubahan yang amat besar nantinya, jika dilakukan secara terus-menerus.
Sama halnya dengan peribahasa "Sedikit-demi sedikit lama-lama menjadi bukit" So tunggu apalagi, ayo berubah dari sekarang.
‪#‎untukjadilebihbaik‬


‪#‎kaizen‬ ‪#‎onedayonepost‬ ‪#‎setiapharimenulis‬

Comments

  1. Klo gue setiap hr dengar kata kaizen. Di tempat kerja setiap minggu harus punya kaizen utk production line

    ReplyDelete

Post a Comment