Jogja Library Center di jalan Malioboro


Kalau jalan-jalan ke Malioboro jangan Cuma foto-foto di papan nama bertuliskan maioboro (walaupun sekarang udah dicabut ya hahaha) tapi sekali-sekali mampirlah ke perpustakaan Arsip Yogyakarta yang menyimpan berlembar-lembar koran tempoe doeloe sampai zaman now. Letaknya yang berdempetan dengan toko-toko pakaian ini memang kalau diperhatiin agak nyaru sih ya dan nggak terlalu kelihatan gitu.

Kumpulan bundling koran-koran lama yang di susun sesuai tahun
Nah tempat ini cocok kok buat ngadem dari jalanan malioboro yang panasnya naudzubillah, sambil ngadem bisa cari ilmu disini atau sekedar membaca koran-koran lama. Tapi harus hati-hati ya saat membawa gulungan koran-koran lama ini karena mereka ini sangat rentan dan rapuh seperti aku serunya nih, kita bisa liat iklan-iklan jaman dulu gitu yang lucu. Kalau kalian lagi riset-riset tentang kejadian-kejadian yang lagi hits jaman old bisa benget nih, selain berisi koran-koran ada juga kok majalah-majalah seperti trubus, dan NatGeo. Di lantai dua kalian juga bisa nyari buku-bukukhas yang membahas tentang bahasa jawa dan sejarah yogyakarta. Diatas juga ada ruang-ruang diskusi yang bisa diisi sampai lima orang. Jadi jangan takut mengganggu orang lain atau membahas seseuatu yang rahasia , karena bisa di tutup pintunya. Kalau mau untuk ramai-ramai juga bisa di tengah ruangan itu ada meja panjang macam meja konferensi jaman old gitu yang bisa dijadikan meja membaca atau meja rapat.

Koleksi wayang yang ada di lantai dua nih, boleh dipegang tapi jangan dibawa pulang
Dari balkon lantai dua juga bisa banget nih memandang jalanan malioboro yang nggak pernah sepi dari para manusia-manusia baik lokal maupun mancanegara.


Buat numpang bobo siang juga oke

Nih meja rapat, bolehlah buat poto-poto kan hehehe

Di lantai dua masih menyimpan koleksi bundling koran

Nggak nemu arsip secara fisik, bisa dicari secar digital dari komputer yang disediakan



ruang khusus penyimpanan buku-buku yang membahas tentang jogja alias ruang jogjasiana

ini dia penampakan dari depan


Comments