SMILE DOMINO EFFECT

MS Wijaya
0



Coba Senyum sekarang

Dapet tugas paper nih dari pak dosen, diminta buat sebuah cerita tentang etika tersenyum atau bahagia. (*langsung garuk-garuk kepala) Dosennya sih ngasih contohnya cerita tentang abang tukang bakso yang ketemu ibu-ibu ngeyel punya duit tujuh ribu tapi minta dua porsi buat anaknya.

Bingung juga sih maksudnya gimana, terlebih lagi dia minta kejadiannya tuh real life dan terjadi disekitar kita. (*nambah kenceng garuk-garuk kepalanya sehingga mengakibatkan kerontokan beberapa helai rambut #apasih?)

Oke gue coba deh ya, semoga aja ini nyambung sam apa yang dimaksud sama dosennya. Bismillah.


Judulnya:

SMILE DOMINO EFFECT

Aku percaya satu kebaikan pada orang lain akan menular kepada kebaikan yang lainnya. Dan kebaikan itu pasti akan kembali pada diri kita sendiri.

Aku punya kebiasaan mendengarkan lagu dari handphoneku dengan headset yang tak pernah lepas, dari kupingku. Seringkali bapak sering menegur, jangan terlalu sering pakai headset itu. Tapi ibarat perokok yang tak bisa menahan sehari saja untuk tidak merokok, begitupun aku dengan deadsetku.

My Playlist
Dengan musik aku bisa membuat hari-hari burukku menjadi lebih baik. Karena terlalu sering mendengarkan musik aku punya tiga playlist lagu sesuai mood atau sesuai suasana yang sedang kurasakan. Yang pertama ada “Leave me alone”playlist ini aku mainkan saat sedang mellow atau saat aku benar-benar ingin sendiri. Saat patah hati atau badmood aku juga memainkan lagu ini.

Yang terakhir ada “Its Brightning Day” playlist ini adalah yang wajib aku mainkan saat berangkat kerja. Sepanjang perjalanan lagu-lagu dalam playlist ini mencerahkan hari baruku. Bagaimanapun setiap hari baru yang datang harus disyukuri dan dinikmati sebaik mungkin. Playlist ini-lah yang membantuku untuk mencerahkan setiap pagiku.

Sepanjang perjalanan aku akan ikut berdendang mengikuti lagu yang dimainkan. Tak peduli suaraku parau ataupun sember aku ikut bernyanyi sepanjang jalan itu. Dalam playlist ini banyak lagu-lagu yang bisa membuatku tersenyum sendiri sehingga sambil bernyanyi aku tidak hentinya mengembangkan senyumku sebaik mungkin tapi tak jarang terlihat kaku dan aneh.

Saat aku tersenyum kepada orang-orang aku lewati, betapa senangnya aku kalau mereka membalas senyumanku itu. Walaupun aku tidak mengenal mereka, semoga itu menjadi amal untuk kita.

Karena saat kita menularkan senyuman itu ke orang lain, otomatis ada efek yang secara tidak langsung membuat orang yang menerimanya akan merasa lebih baik. Entah itu perasaannya menjadi damai ataupun seperti mendapat suntikan semangat. Namun, kita harus tahu tempat dan kapan kita boleh tersenyum kepada orang lain. Sehingga orang yang melihat senyuman kita pun akan terpengaruh suasana hatinya menjadi senang dan ceria. Senyum kita bisa menjadi semangat bagi orang lain.

Selain itu lebih sering tersenyum akan terlihat lebih muda daripada seseorang yang jarang tersenyum. Karena secara tidak langsung menggerakkan otot-otot wajah terangkat ke atas sehingga otot mukanya terlihat lebih fresh dan santai.

Berawal dari senyuman, semua yang terjadi akan terasa lebih ringan. Ketika kita sedang mengalami masalah yang membuat suasana hati Kita sedih atau gelisah, dengan tersenyum Kita dapat mengubah suasana yang tidak sedih menjadi senang. Senyuman mampu membuat kita dapat selalu mengucap syukur atas kehidupan ini. Dalam keadaan apa pun Kita harus mampu untuk tersenyum. Cobalah untuk tersenyum walau hati tidak enak. Tersenyum akan menghambat stres dan membuat sikap Kita menjadi pasrah dan ikhlas menerima apa pun keadaan Kita.

“Senyum tanda mesra
Senyum tanda sayang
Senyum di waktu susah tanda ketabahan
Senyuman itu tkita keimanan”
 Itu juga kata Raihan,

Beda lagi kalau kata Ikke Nurjanah
“Senyumlah kepada semua orang
Tapi hatimu jangan”

Nah seperti kalimat pertama diatas, “Aku percaya satu kebaikan pada orang lain akan menular kepada kebaikan yang lainnya. Dan kebaikan itu pasti akan kembali pada diri kita sendiri”

Begitu pula dengan senyuman, senyumanyang kita bagikan ke orang lain pasti akan kembali pada kita disaat kita butuhkan nanti.


#setiapHariMenulis #OneDayOnePost #MarathonBayarUtang

Tags

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)