slider

27 Cara mendapatkan Ide untuk Menulis



Asekk judulnya mantap kali ya, gue jadi berasa penulis yang udah terkenal banget. Laga-lagaan nulis tulisan kayak beginian. Berasa Andrea Hirata banget wkwkwkwk. Tapi tak apalah ya, berbagi ilmu itu bukan tugas orang-orang hebat aja. Kalau semua orang berpikiran seperti itu, akan jadi seperti apa dunia ini??

Rasul aja mengatakan 'Ajarkanlah ilmu, walaupun hanya satu ayat' nah kan, tak perlu banyak-banyak! Cukup satu ayat yang kita tahu, itu sudah sangat berarti jika kita membagikannya kepada orang lain. Dan ilmu pula adalah salah satu amalan yang pahala nya selalu mengalir selama ia terus ditularkan kepada orang-orang disekitar.

Maka-nya para guru harus berbangga dengan profesi mereka, setidaknya walaupun gaji masih honorer. Tapi di gaji Allah dengan pahala yang sangat besar,  Insya Allah. Lumayan kan buat beli KPR di surga nanti. So yukk berbagi ilmu dengan ikhlas.

Langsung aja nih ke tips yang pertama:

1. Peka

Lah ngapa gambarnya Putri malu? Karena cuma dia yang peka!
Sebagai seorang penulis kita harus peka, peka pada lingkungan sekitar kita. Apa yang terjadi disekitar kita pun sebenarnya bisa menjadi bahan ide tulisan kita. Misal kita ngliat semut yang yang hampir terinjak kita. Itu bisa jadi bahan menulis kita. coba kita ambil sudut pandang si semut, bagaimana mereka sudah teriak-teriak memperingatkan kita, bahwa dibawah ada mereka yang tengah beraktivias. Kuncinya satu harus peka.

Bukan untuk penulis aja sebenarnya. Kita sebagai manusia itu perlu meningkatkan kepekaan kita agar bisa mengetahui mana yang baik dan buruk.

2. Membaca

Dengan banyak membaca kita akan banyak mengetahui. Dengan banyak mengetahui kita akan banyak punya ide untuk dituangkan betul tak?? Bingung bacaan apa yang keren? kamu bisa nih liat review buku yang sudah gue baca, barangkali kamu tertarik. Silahkan Baca disini ya, untuk review bukunya.



3. Mendengarkan Musik

Mendengarkan music bisa menjadi alternatif untuk menggali ide. Karena saat kita mendengarkan musik, perasaan kita yang bermain. Sehingga mempengaruhi mood dalam menuangkan ide. Bahkan terkadang dari lirik-lirik lagu itu, ada yang terus bergaung dikepala kita. Nah saat itulah, tandanya ide telah menghampiri.

4. Menonton Film

Menonton film bukan semata menjadi hiburan yang menyenangkan. Tapi bisa menjadi sarana kita menggali ide dengan mencermati isi film tersebut. Kadang gue tuh paas nontn film yang bagus, langsung keikiran. Ih ini kayaknya adegannya keren ya, kalau di tulis gue hasilnya juga keren nggak ya? who knows? banyak kok cerpen dan naskah novel gue yang terinspirasi dari film-film yang pernah gue tonton. Nonton film juga kan sekarang nggak harus ke bioskop, banyak enyedia jasa streaming nonton film di rumah. atau copas dari teman kamu yang suka koleksi film. Nah buat yang bingung mau nonton film apa yang keren. Boleh banget liat review film yang sudah gue tonton gaes, dijamin nggak akan nyesel karena gue hanya rebiew film-film yang menurut gue layak untuk di tonton.


5. Me Time

Nah Apa coba Me Time kamu??
Kesibukan sehari-hari membuat kita penat. Sehingga ide gak mau muncul, itu saatnya kalian melakukan hal yang menyenangkan untuk diri sendiri. Sejenak lupain bos yang nyebelin, dospem yang suka nyoret-nyoret skripsi, judul skripsi belum di ACC, gebetan yang tukang PHP, teman yang makan teman, pacar yang sok cuek, lupain deadline or everythings yang menjadikan diri kita terbebani. You just need to be happy and doing something what you like.

6. Curhat dan di Curhatin

Sharing dengan teman atau biasa dikenal dengan curhat. Bisa menjadi salah satu mendapatkan ide yang menyenangkan. Saat kita curhat, kan ada uneg-uneg yang keluar. Uneg-uneg iitu adalah keresaha. Menurut Raditya Dika, Ide itu datang dari keresahan. Dan terkadang keresahan yang jujur dari lubuk hati kita yang paling dalam, akan menghasilkan cerita yang baik. Selain kita curhat ke teman, bisa sebaliknya loh. Dengan dengerin orang curhat kita bisa meringankan beban orang yang curhat ke kita. Kita bisa mendapat ide untuk cerita kita. Teman-teman gue malah ada yang terang-terangan mau cuhat tentang hidupnya biar ceritanya kita tulisin loh. Tapi gue belum sanggup wkwkwwk..

7. Ritual Khusus

Jangan mikir yang macem-macem ya. Ritual disini maksudnya nggak pakai sajen dan kawan-kawannya. Tapi ritual khusus dimana kita selalu mendapatkan ide disaat sedang mengerjakan sesuatu. Contohnya :

- Agatha Christie, penulis cerita kriminal yang kece, beliau akan berendam dibak mandi ketika mencari ide.


- A.A. Navis, penulis novel 'Robohnya Surau Kami' , Kang Navis ini akan mengurung diri di WC untuk mencari ide.


- MS Wijaya yang tak lain gue sendiri. Mendapatkan ide yaitu ketika lagi jalan kaki sendiri atau naik motor sendiri. Pikiran gue akan bebas melayang kemanapun dan tiba-tiba ke inget sesuatu, saat itu pula rasanya ingin segera dituliskan.


Nah yang ini sih nggak wajib juga, karena setiap orang berbeda. Coba deh di ingat-ingat kembali pas moment apa kalian mendapatkan ide?? Apakah polanya berulang di saat mengerjakan sesuatu itu kita terus mendapat ide?? Kalau iya, selamat anda mengetahui ritual anda sendiri untuk mendapatkan ide.

Nah begitulah 7 tips sederhana dari gue untuk mendapatkan ide. Loh kok cuma tujuh?? Judulnya kan 27!! Wkwkwkwk selamat anda masuk jebakan batman! Yang dua puluhnya silahkan tambahkan sendiri.



#Kabur sebelum dirajam masa.

Post a Comment

1 Comments