slider

Mencoba Tukar Takdir Ala Valiant Budi



Apa yang terbayangkan saat dengar kalimat “Tukar Takdir” nggak...nggak, ini bukan acara tv sebelah. 

Itu tukar nasib sayang. Beda ya walaupun sama tukar-tukarannya. Bukan tukar kado juga, apalagi tukar mantan! 

Pernah gak sih saat ngrasa down itu mikirin kok kayaknya jalan hidup gue gini-gini amat ya? Susaaah 

mulu hidup gue, kayak lagunya Nike Ardila “bukannya sekali, sering ku mencoba… namun ku gagal 

lagiiii hoo wooohhh….” pokoknya pengen banget minta tukar takdir sama Tuhan. Kira-kira bisa gak ya tukar takdir gitu? Apa pasti enak? Hemm dari pada bayangin, mending coba baca buku yang ditulis oleh Bang Valiant Budi ini. Tadinya gue kira ini novel, ternyata buku tukar takdir ini merupakan kumpulan cerita pendek yang terdiri dari dua belas cerita tentang takdir. Hal-hal yang kita sempat bayangin ada semu di sini. Buku Tukar Takdir ini buku pertama yang gue tamatin di tahun 2021 (FYI aja ini mah). 

Takdir pertama dibuka dengan kejadian kecelakaan pesawat yang dialami sang tokoh, dan gue baca bertepatan dengan kejadian SJ182 dong(Doa sebentar ya buat para korban semoga mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan keikhlasan), jadi pas baca tuh  keinget terus kejadian yang baru menimpa dunia penerbangan Indonesia.

Jadi si tokoh utama mengalami kecelakaan berulang kali tanpa bisa memperbaiki masa depan, padahal dia udah peringatan ke kru pesawat tapi malah dikira bohong. Berasa nonton Happy Valentine day vibe-nya, yaitu terjebak di hari yang sama.




Dari semua takdir, gue suka banget sama takdir ke 8, yang dikasih judul ‘Pencinta Butuh Pelarian’ mungkin karena gue sedang mengalami hal yang dirasakan oleh si Dion dan Karin, butuh pelarian dari rasa yang sudah nggak bisa dimiliki (curcol kan, kebiasaan). “Lambat laun, saya memahami, dia itu cukup ditemani saja, nggak perlu jatuh cinta sama dia. Apalagi pakai embel-embel sejati” itu kata Karin yang buat gue sadar. Bahwa nggak seharusnya gue melibatkan perasaan sama dia. Udahlah kenapa jadi curcol lagi kan, mohon maaf. Nanti saya bikin konfrensi meja bundar ya untuk membahas soal ini, kalau kalian masih butuh bahan gibahan.

Ditutup dengan takdir ke 12 yang ciamik banget menurut gue, seperti rangkuman dari takdir-takdir yang di depan. Dan membuat gue merasa plong dan bahagia aja gitu setelah baca buku dengan 223 halaman (Udah ditambah satu halaman tentang penulisnya yang hanya satu kalimat  "Valiant Budi Yogi, penulis buku dan lagu.” apakah kamu Ivant bang? (mohon dijawab #maksa)

Pertama liat buku ini di akun IG gramedia, pas masa awal-awal PO kalau nggak salah dan langsung tertarik ngliat covernya yang cantik tapi berasa penuh misteri kayak lukisan Monalisa. Novel horor kah? Atau thriller! kala itu yang ada di benak gue pas liat covernya. Kalau sekilas ngliat, pasti kita cuma ngeh kalau ini gambar cewek cakep dari samping. Tapi setelah diperhatikan yang lama, ada sesuatu yang bikin agak horor dan janggal. Ada ilustrasi orang kecil-kecil di pundak si cewek. Karena dalam benak gue ini tuh kayak tuyul wkwkwk. 

Tau gak sih flm jadul yang cerita tentang tuyul, kalau gak salah di film itu ada adegan patung warnanaya putih terus, patungnya dikasih darah dulu nanti berubahlah patung itu jadi tuyul. 

Nah orang kecil di pundajk si cewek itu ngingetin gue sama patungnya yang abis di siram darah. Tapi lupa itu film apaan. Coba yang tahu komen di kolom komentar nanti nggak dikasih apa-apa. 

Ternyata eh ternyata setelah gue baca 12 takdir di dalamnya gue dengan jelas bisa lihat maksud dari gambar-gambar cover yang terdiri dari cewek(kayaknya ini sih ini cewek di cerita takdir ke enam ya kan Bang…), Siput, centong ajaib dan orang-orang berwarna merah ini adalah gambaran orang-orang di takdir 12.

Cerita di buku tukar takdir tuh kayak deket banget sama kehidupan gue, tokoh-tokohnya kayak benar-benar orang yang gue kenal di kehidupan nyata. Sangat di rekomendasikan  buat yang lagi reading slump karena ini kan KumCer jadi bisa dibaca terpisah gitu, (Cukup baca cerpen aja yang terpisah, kamu jangan) dan asik banget gaya ceritanya.

Intinya buku Tukar Takdir ini paket lengkap banget sih kocaknya ada, dramanya ada, horornya ada, thrillernya juga ada, dan paling banyak endingnya yang bikin kita berucap “Serius tuh beneran!!” atau 

cukup berkata “Anjing! Eh maaf kalau kaget aku selalu teriak anjing Tuhan!”

Post a Comment

0 Comments